get app
inews
Aa Read Next : Shin Tae-yong Janji Belajar Bahasa Indonesia demi Memperlancar Komunikasi dengan Pemain

5 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Selasa, 30 Agustus 2022 | 23:36 WIB
header img

Contoh 3

[Tesis]

Memelihara ikan itu merupakan hal yang sulit, tetapi banyak orang menjadikannya sebagai hobi, karena memberikan kesenangan tersendiri. Gerakan-gerakan ikan yang lembut ini memberi ketenangan bagi orang yang melihatnya.

[Argumentasi]

Hobi memelihara ikan memiliki ketelitian khusus. Kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis ikan yang akan dipelihara, termasuk ke dalam jenis ikan air tawar atau air laut. Hal ini menjadi penentu air yang akan dipersiapkan dalam akuarium, supaya kualitas dan keindahan ikan tetap terjaga. Harus diingat juga bahwa jangan menyatukan ikan pemangsa dengan ikan yang lainnya. Kemudian, mencari tahu jenis makanan dan takarannya yang tepat. Pilihlah makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan ikan dan berikan penerangan yang cukup agar ikan merasa betah, serta jagalah kebersihan dengan menguras akuarium secara rutin.

[Penegasan Ulang]

Ikan yang terawat akan berenang-renang dengan indah. Meskipun merawatnya tidak mudah, ikan-ikan yang indah itu tentu akan memberikan kesenangan dan ketenangan bagi orang yang melihatnya.

Contoh 4

[Tesis]

Kemacetan di Jakarta telah mencapai tahap memprihatinkan. Setiap pagi hari dan sore hari jejeran kendaraan roda empat dan roda dua memenuhi setiap sudut jalan di Jakarta. Hal ini disebabkan karena kurangnya minat pengguna jalan untuk memilih transportasi umum.

[Argumentasi]

Kemacetan ini disebabkan oleh mereka yang lebih memilih untuk mengendarai kendaraan pribadi. Selain itu, disebabkan juga karena jumlah kendaraan yang selalu meningkat setiap tahun dan tidak diimbangi dengan perluasan jalan di Jakarta.

[Penegasan Ulang]

Jalanan di Jakarta akan berkurang kemacetannya saat pagi hari dan sore hari, jika sebagian besar masyarakat memiliki keinginan untuk menggunakan transportasi umum.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut