get app
inews
Aa Read Next : 4 Jenis Teks Eksplanasi, Lengkap dengan Contoh dan Penjelasan Strukturnya

10 Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial, beserta Penjelasan Strukturnya

Kamis, 01 September 2022 | 17:03 WIB
header img
contoh teks eksplanasi beserta penjelasan strukturnya. ilustrasi/ist

Contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial yang akan diulas dalam artikel ini dapat membantu para siswa memahami pelajaran Bahasa Indonesia. Apa saja yang harus ditulis di dalam teks eksplanasi tersebut dan bagaimana strukturnya, semua akan dijelaskan dalam artikel ini.

Perlu diketahui, teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan atau menjelaskan tentang proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan dan fenomena lainnya.

Dalam pembahasan ini, akan diulas beberapa contoh teks eksplanasi tentang fenomena sosial, yakni bagaimana fenomena itu bisa terjadi, mengapa fenomena itu terjadi, mengapa suatu fenomena menjadi sama atau berbeda, dan bagaimana mengatasi atau menyelesaikan suatu fenomena tersebut.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Fenomena Sosial

1. Contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, judul: Kemacetan Lalu Lintas

[Pernyataan Umum]

Kemacetan merupakan suatu keadaan yang ramai hingga berhentinya kendaraan di arus lalu lintas. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, salah satu kota yang seringkali menjadi pusat kemacetan adalah Kota Jakarta.

[Urutan Peristiwa Sebab/ Akibat]

Penyebab kemacetan yang utama adalah penumpukan jumlah kendaraan yang melebihi kapasitas jalan. Selain itu, disebabkan oleh kendaraan yang parkir sembarangan di pinggir jalan dan pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan membuat kemacetan jika orang berhenti membelinya, sehingga berakibat pengguna lain harus terpaksa jalan dengan lebar jalan yang tidak sesuai.

[Interpretasi]

Setiap orang dapat mengatasi kemacetan yang terjadi, jika memiliki pemikiran untuk menaiki transportasi umum. Kemacetan juga dapat diatasi dengan cara membuat penggunaan jalur satu arah, memperbanyak kendaraan umum yang memadai, dan melanggar pedagang kaki lima berjualan di pinggir jalan.

2.  Contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, judul: Kemiskinan

[Pernyataan Umum]

Kemiskinan adalah fenomena sosial yang merupakan situasi individu atau sekelompok individu mengalami kekurangan dalam kondisi keuangan, sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

[Urutan Peristiwa Sebab/ Akibat]

Terjadinya kemiskinan ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah kondisi kesehatan yang tidak bisa mendukung untuk bekerja, sedikitnya kesempatan bekerja, rendahnya kualitas sumber daya manusia, dan tidak memiliki motivasi dalam hidup.

Namun, penyebabnya juga dapat dikarenakan karena faktor lain, yaitu mengalami kebangkrutan, perilaku yang jelek, pola pikir yang salah. Jika kemiskinan tidak segera diatasi, maka dampak-dampak yang akan terjadi semakin banyak sehingga meningkatnya tingkat kejahatan.

[Interpretasi]

Untuk mengatasi peristiwa kemiskinan ini banyak solusi yang dapat dilakukan, yaitu bisa dimulai dari pihak pemerintah dalam mempermudah akses umum kepada seluruh orang tanpa melihat status sosial, memberikan modal berbisnis, dan memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu dengan cara memberikannya lapangan pekerjaan.

Namun, solusi ini akan berhasil jika pihak pemerintah dan pihak masyarakat bekerja sama dengan baik demi mencapai satu tujuan yang diinginkan, yaitu mengatasi kemiskinan.

3. Contoh teks eksplanasi beserta strukturnya, judul: Cyber Bullying

[Pernyataan Umum]

Cyber bullying adalah bagian yang termasuk dari aksi bullying, artinya kejahatan yang dilakukan dengan sengaja dalam berbagai bentuk, seperti fitnah, ejekan, hinaan, ancaman, kata-kata kasar, hingga pelecehan.

[Urutan Peristiwa Sebab/ Akibat]

Kejahatan yang disengaja ini disebabkan oleh individu atau sekelompok individu yang berniat membuat kesal atau bahkan sampai membuat mental individu mengalami gangguan psikis. Kasus bullying ini biasanya sering terjadi dikalangan pertemanan.

Adapun faktor lain yang menyebabkan terjadinya bullying, yaitu kurangnya pengawasan dari pihak yang bertanggung jawab atau hal ini digampangkan oleh pihak tertentu. Bullying ini terlihat biasa saja, namun akibatnya sangat luar biasa hingga terganggunya mental korban.

[Interpretasi]

Cyber bullying dapat diatasi jika dalam pikiran individu memiliki kesadaran untuk berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak atau melakukan sesuatu, sehingga tidak menyakiti perasaan orang lain dan permasalahan bullying ini dapat diatasi oleh pihak sekolah atau keluarga yang harus ikut berkomitmen dalam perannya untuk mengatasi cyber bullying.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut