Logo Network
Network

4 Jenis Teks Eksplanasi, Lengkap dengan Contoh dan Penjelasan Strukturnya

Tim iNewsSemarang.id/NET Semarang
.
Sabtu, 10 September 2022 | 10:35 WIB
4 Jenis Teks Eksplanasi, Lengkap dengan Contoh dan Penjelasan Strukturnya
contoh teks eksplanasi beserta penjelasan strukturnya. ilustrasi/ist

Beberapa jenis teks eksplanasi yang akan diulas dalam artikel ini dilengkapi dengan contoh teks eksplanasi dan penjelasan strukturnya. Dengan penjelasan lengkap ini, diharapkan para siswa dapat memahami teks eksplanasi yang merupakan salah satu bahasan dalam pelajaran bahasa Indonesia secara lebih mudah.

Secara sederhana, teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang menerangkan atau menjelaskan tentang proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, dan lainnya.

Teks eksplanasi berisi penjelasan rinci dan secara logis menggambarkan tahapan dalam suatu proses. Teks eksplanasi ini biasa ditemukan dalam teks koran, majalah, buku teks, media online, dan lain-lain.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Untuk memperjelas pengertian teks eksplanasi, berikut ini beberapa ciri yang bisa dikenali dari teks eksplanasi:

  • Informasi yang tercantum dalam teks adalah nyata atau fakta dan tak ada satu pun opini yang berasal dari diri penulis.
  • Tema atau topik bahasan yang diulas oleh teks eksplanasi biasanya berhubungan erat dengan ilmu pengetahuan dan atau bersifat ilmiah.
  • Teks eksplanasi memiliki struktur yang membentuknya yaitu secara berurutan pernyataan umum, penjelas atau sebab akibat, dan terakhir interpretasi.
  • Teks eksplanasi memiliki ciri penggunaan sequence markers atau urutan peristiewa seperti pertama, kedua, ketiga, dan selanjutnya.
  • Teks eksplanasi memiliki sifat yang informatif dan tidak ada kesan untuk mengubah atau mempengaruhi pikiran dari pembaca agar percaya akan apa yang tengah dibacanya.

Itulah ciri-ciri teks eksplanasi. Dapat disimpulkan, teks eksplanasi memiliki sifat informatif, strukturnya jelas, informasinya sesuai dengan fakta, dan terdapat urutan peristiwa (sequence markers).

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini