get app
inews
Aa
Read Next : Ganjar Pranowo Tawarkan 3 Solusi Kembalikan Independensi KPK, Apa Saja?

Kisah Perajin Gendang Sukoharjo, Dapat Pesanan Super Kilat dari Ganjar untuk Hadiah Farel Prayoga

Jum'at, 02 September 2022 | 09:50 WIB
header img
Pengerjaan gendang ring petir pesanan Gubernur Ganjar Pranowo di workshop Noles Ai di Desa Kunden, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Foto Ist

SUKOHARJO, iNewsSemarang.id – Danil Lestari, perajin gendang di Sukoharjo, Jawa Tengah, menceritakan suka-dukanya menerima pesanan super kilat dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Terlebih pesanan orang nomor satu di Jateng itu untuk dihadiahkan kepada penyanyi cilik yang lagi viral, Farel Prayoga.

Meski sempat ragu dengan deadline yang diberikan, pemilik Noles Ai yang work shop-nya beralamat di Desa Kunden, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, tak bisa menolaknya.

"Dapat pesanan dari Pak Ganjar dadakan, dan harus jadi secepatnya, jadi kita ngebut ngerjainnya tapi tetap dengan presisi agar bunyinya bagus," katanya, Kamis (1/9/2022).

Pesanan itu, lanjutnya, mulanya datang lewat telpon. Kemudian ada staf yang datang ke tempatnya untuk menyampaikan detil pesanan. Dan, dirinya diminta menyelesaikan pesanan satu set dalam waktu semalam.

"Jadi ada yang datang ke sini katanya minta pesanan tidak tahu buat siapa tapi dari Pak Ganjar mau dihadiahkan ke Mas Farel atau bagaimana itu yang lagi viral," tuturnya.

Awalnya, Danil ragu dengan deadline waktunya. Namun, karena yang pesan Gubernur, ia yakin bisa menyelesaikan 6 jenis gendang tersebut.

"Alhamdulillah sekarang hampir selesai. Yang dipesan dari Pak Ganjar ada enam, yang lagi hits dari produk kami. Yaitu gendang ring petir tak, dan gendang dut. Selain itu dua kempul dan dua aselole atau gendang Banyuwangian. Iya bisa dibilang Bandung-Bondowoso," paparnya.

Semua gendang tersebut dibuat secara spesial. Mulai dari pemilihan kayu, kulit, cat, hingga aksesorisnya.

"Keunggulan bahannya kami pilih dari kayu nangka tua jadi tidak asal memilih kayu, karena yang muda pengaruh ke suara atau nada. Akseaoris pakai besi krum biar tidak mudah berkarat," tambahnya.

Dari enam gendang, jelas Danil, gendang ring petir menjadi istimewa. Selain modelnya yang keren, gendang ini memiliki suara yang stabil.

"Iya namanya gendang ring petir. Itu karena ring banyak, ini ada 16 ring. Selain keren, juga bisa menstabilkan suaranya," terangnya.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut