Logo Network
Network

10 Contoh Teks Ceramah Singkat Berbagai Tema, Lengkap dengan Strukturnya

Tim iNewsSemarang.id/NET Semarang
.
Selasa, 13 September 2022 | 06:03 WIB
10 Contoh Teks Ceramah Singkat Berbagai Tema, Lengkap dengan Strukturnya
kumpulan contoh tek ceramah dalam berbagai tema (Ist)

Contoh teks ceramah lengkap dengan strukturnya dapat menjadi referensi para siswa dalam membuat teks ceramah sesuai kaidah penulisan yang baik dan benar. 

Teks ceramah merupakan naskah yang disusun oleh pembuat untuk kegiatan pidato, khotbah atau sejenisnya dan mengandung tema tertentu.

Dalam membuat teks ceramah yang baik, kamu wajib memahami ciri dan struktur pembangunnya. Pertama adalah tesis (Pembuka) yang berupa pengenalan isu, masalah ataupun kalimat pendahuluan tentang tema yang akan dibahas.

Kemudian yang kedua adalah rangkaian argumen (Isi) yang berupa pandangan-pandangan pembicara yang dipaparkan untuk mendukung tesis. Terakhir, ada penegasan ulang (Penutup) yang berupa hasil penalaran, kesimpulan, maupun saran dari pembuat teks terkait tema yang dibahas.

Dilansir dari berbagai sumber, iNewsSemarang.id, Selasa (13/8/2022) telah merangkum contoh teks ceramah singkat beserta strukturnya, sebagai berikut.

Contoh Teks Ceramah Singkat Berbagai Tema, Lengkap dengan Strukturnya

1. Contoh Teks Ceramah, Judul: Pilar Agama Islam

[Pembuka]

Assalamualaikum Wr.Wb,

Alhamdulillahirabbil'alamin, puji syukur atas rahmat yang diberikan oleh Allah yang telah memberikan kemudahan bagi kita semua untuk dapat berkumpul di majelis ini dalam keadaan sehat wal afiat. Dan tak lupa shalawat serta salam kita berikan kepada Rasulullah S.A.W yang telah memperkenalkan Islam sebagai salah satu agama satu-satunya yang diridhai Allah. Sehingga kita dapat menikmati agama Islam seperti saat ini.

[Isi]

Para hadirin sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan mengingatkan tentang pilar agama Islam yang wajib kita ketahui, imani, dan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kita sama-sama belajar, karena saya selaku pembicara pun masih dalam proses menjalankannya. Perlu kita ingatkan diri kita, bahwa terdapat lima pilar dalam Islam yang harus diketahui, dihafalkan, dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Pilar yang pertama yaitu membaca dua kalimat syahadat yang berisi kalimat tentang kepercayaan bahwa kita hanya menyembah satu Tuhan yaitu Allah SWT dan percaya bahwa Muhammad SAW adalah utusan Allah.

Para hadirin yang dirahmati Allah, pilar yang kedua adalah menegakkan shalat. Shalat merupakan satu-satunya ibadah yang dikhususkan untuk Allah dan Allah sendiri yang akan menilai dan memberikan pahalanya kepada kita. Selanjutnya, pilar yang ketiga adalah berpuasa. Para hadirin sekalian, kewajiban berpuasa dilakukan pada bulan apa? Betul, bulan Ramadhan. Pilar yang keempat adalah menunaikan zakat. Zakat memiliki berbagai ketentuan yang dapat dilaksanakan sesuai kondisi dan situasi diri. Terakhir adalah menunaikan ibadah haji. Pilar terakhir ini memiliki ketentuan wajib dilakukan sekali dalam seumur hidup bagi umat yang mampu. Ibadah haji ini juga merupakan salah satu ibadah, dimana akan secara langsung mendatangi rumah Allah SWT.

[Penutup]

Sekian penjelasan tentang lima pilar Islam secara singkat yang mungkin dapat membantu mengingat kembali dan dijalankan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk terus meminta kepada Allah SWT bahwa ridho-Nya lah kita dapat menjalankan lima pilar dalam Islam tersebut.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

2. Contoh Teks Ceramah, Judul: Bersyukur

[Pembuka]

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hadirin yang Allah muliakan, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas majelis ilmu singkat mengenai Syukur. 

[Isi]

Syukur dalam penerapannya mempunyai banyak dimensi dan warna yang berbeda. Syukur dalam agama Islam mempunyai peranan yang penting dalam mengatur tindakan yang berangkat dari hati. Kalau kita mau melihat fenomena kekacauan yang terjadi pada akhir zaman ini, kita akan mendapati bahwa salah satu akar masalah dari kekacauan tadi adalah kurangnya rasa syukur yang dimiliki oleh manusia dan jauh dari mengingat kematian. Syukur yang benar pasti akan melahirkan perilaku yang baik dan tepat. Allah berfirman tentang keharusan bersyukur dalam surat Al-Baqarah ayat 152 dan 172, artinya seperti ini:

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar” Dalam ayat satunya Allah berfirman yang artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya”
Dua ayat diatas secara jelas memerintahkan kita untuk bersyukur atas apa saja yang Allah beri. Selain itu, Rasulullah SAW bersabda: ” “Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya.

[Penutup]
Saya kira cukup sampai di sini majelis ilmu singkat mengenai Syukur ini, semoga kita bisa mengamalkan syukur ini dalam setiap sendi kehidupan kita. Amiin
Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini