get app
inews
Aa Read Next : Sederet Alasan Tak Dipakainya Bahasa Jawa sebagai Bahasa Nasional

10 Contoh Teks Ceramah Singkat Berbagai Tema, Lengkap dengan Strukturnya

Selasa, 13 September 2022 | 06:03 WIB
header img
kumpulan contoh tek ceramah dalam berbagai tema (Ist)

3. Contoh Teks Ceramah, Judul: Pengawasan Allah SWT

[Pembuka]

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillaahi robbil 'alamin, wabihi nasta'in ‘ala umuriddunya waddin. Wassholatu wassalamu ‘ala asyrafil mursaliin, waala alihi wa sahbihi ajma'in.

[Isi]

Para hadirin sekalian, Kita percaya bahwa Allah itu Maha Mengetahui. Namun seringkali kita lupa bahwa setiap detik kita berada dalam pengawasannya. Sehingga dalam kesendirian, manakala tidak ada orang yang melihat, kita dapat melakukan kemaksiatan dengan leluasa. Padahal Allah melihat semua perbuatan kita. Inilah yang sering kita lupakan. Oleh karena lupa bahwa Allah itu selalu mengawasi, maka akan merasa aman apabila secara diam-diam melakukan kejahatan, memanipulasi, korupsi, mencuri, berzinah dan sebagainya. Seandainya setiap saat manusia merasa diawasi oleh Allah, maka ia tak akan berani melakukan perbuatan tercela, kecuali orang-orang yang memang durhaka kepada Allah. Hadirin yang berbahagia Sebagai seorang Muslim yang beriman, kita harus benar-benar percaya bahwa Allah adalah Dzat yang memiliki kemampuan untuk mengetahui gerak-gerik makhluknya, baik dilakukan secara terang-terangan maupun tersembunyi.

Diterangkan dalam Alquran,

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ ۖ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ

Artinya, “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.” (QS. Qaf: 16)

[Penutup]

Kebaikan-kebaikan yang senantiasa kita kerjakan akan mengantarkannya pada akhir kehidupan dalam keadaan khusnul hatimah orang yang selalu hidupnya berbuat baik, beramal taat, dan menghindari perbuatan maksiat, insya Allah ia akan mati dalam keadaan yang nenyenangkan. Demikian pidato singkat ini. Hendaklah kita selalu merasa bahwa Allah selalu mengawasi diri kita dalam setiap kesempatan.
Bilahit taufiq wal hidayah, assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Teks Ceramah, Judul: Mengantisipasi Pergaulan Bebas

[Pembuka]

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah saya ucapkan kepada Allah SWT karena sudah diberikan nikmat untuk dapat berkumpul dalam ruangan ini. Tidak lupa saya lantunkan sholawat kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, karena sudah mengangkat kita semua dari zaman kegelapan hingga ke zaman sekarang.

[Isi]

Izinkan saya untuk dapat membagikan sedikit ilmu mengenai pergaulan bebas. Pergaulan bebas kini sudah menjadi hal yang sangat meresahkan di masyarakat. Dengan adanya kejadian tersebut, diwajibkan para orangtua mengawasi anak – anak secara ketat lagi. Biasanya kebanyakan orangtua hanya mengawasi anak saat berada di rumah saja. Namun perlu diketahui bahwa semakin dewasa anak, maka harus lebih ditingkatkan lagi pengawasannya. Khususnya bila anak Anda sudah mulai menyukai lawan jenis. Hal ini demi kebaikan anak – anak dan Anda sebagai orang tua. Pastinya Anda tidak mau dan jangan sampai anak – anak yang sudah dititipkan Allah SWT malah terlibat pergaulan bebas.

[Penutup]

Oleh sebab itu, dalam pertemuan kali ini bertujuan agar kita semua dan keluarga dijauhkan dari dunia pergaulan bebas yang akan merugikan diri sendiri. Perlu adanya bimbingan dan juga pengawasan orang tua kepada anak – anak secara ketat setiap harinya. Demikian ceramah hari ini, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Teks Ceramah, Judul: Ikhlas

[Pembuka]

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena sudah diberikan kesehatan hingga saat ini. Tidak lupa kita ucapkan Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

[Isi]

Hadirin sekalian, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan mengenai rasa ikhlas. Dalam arti yang biasa kita ketahui, ikhlas dapat diartikan sebagaimana kita memberi pertolongan tetapi tidak mengharap imbalan sedikitpun. Tetapi apabila di dalam agama, ikhlas berarti segala sesuatu yang dilakukan karena Allah SWT, tanpa ingin dipuji atau terlihat saleh. Menerapkan rasa ikhlas dapat anda terapkan semata – mata karena Allah SWT. Bila Anda melaksanakan ikhlas di dalam hati Anda. Maka Allah akan memberikan ganjaran berupa pahala kepada Anda kelak. Hal ini sudah ada dalam QS. Al-Bayyinah ayat 5. Memang pada dasarnya ikhlas tidak dapat diukur dengan metode apapun.

[Penutup]

Setelah memahami bagaimana pentingnya rasa ikhlas, mari kita berlatih bagaimana nelakukan sesuatu dengan dilandasi rasa ikhlas. Sekian ceramah saya. Terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut