get app
inews
Aa Read Next : Fakta-Fakta Indonesia Hajar Vietnam: Hapus Kutukan 20 Tahun hingga Philippe Troussier Dipecat

Skenario Timnas Indonesia U-19 Vs Vietnam Lolos Kualifikasi Piala Asia U-20, Berpotensi Adu Penalti

Minggu, 18 September 2022 | 11:25 WIB
header img
Timnas Indonesia U-19 dan Vietnam akan saling berhadapan untuk mengincar tiket lolos langsung ke Piala Asia U-20 2023 dengan status juara grup. Foto: MPI

SURABAYA, iNewsSemarang.id - Timnas Indonesia U-20 akan berlaga melawan Vietnam di matchday pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Minggu (18/9/2022) pukul 20.00 WIB. Laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya ini merupakan penentuan siapa King of ASEAN sekaligus memastikan tiket lolos ke piala Asia U-20. 

Duel Indonesia U-19 dan Vietnam ini diprediksi dapat bertanding hingga adu penalti untuk menentukan siapa pemenang laga grup F. Hal ini karena, Indonesia kini berada di puncak klasemen dengan raihan 6 poin. Sedangkan Vietnam berada di peringkat kedua dengan poin 6 dan selisih gol sama dengan Indonesia. 

Meski Indonesia dan Vietnam memiliki selisih gol yang sama, namun Vietnam juga mengoleksi kartu kuning lebih banyak dari Indonesia. Penilaian itulah yang membuat Indonesia berada di atas Vietnam. 

Lantas seperti apa skenario yang harus ditempuh agar Indonesia jadi King of ASEAN dan memastikan kelolosannya di Piala Asia U-20 2023?

Indonesia wajib memenangkan laga melawan Vietnam dengan berapa pun skornya. Kemenangan itu akan membuat Indonesia mengoleksi poin 9 dari tiga laga.

Namun jika laga berakhir imbang di waktu normal berdasarkan aturan AFF akan ada penghitungan tiebreaker. Dalam situasi ini kedudukan Indonesia dan Vietnam sama baik secara poin, head to head ataupun selisih gol.

Maka pertandingan akan dilanjut ke adu penalti untuk mencari pemenangan sekaligus sebagai juara grup F. Tentu ini akan membuat duel semakin menegangkan.

Namun jika kalah dari Vietnam, Indonesia masih berpeluang lolos melalui runner up terbaik. Sebab, dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini ada lima runner up terbaik yang akan lolos ke Uzbekistan.

Meski demikian, hal itu masih harus dihitung dengan negara yang bertanding di grup-grup lainnya. Saat ini posisi lima runner up terbaik di isi Vietnam, China, Malaysia, Yaman, dan Bahrain.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut