get app
inews
Aa Read Next : Penggunaan Mobil Listrik Dapat Kurangi Serangan Asma

Waspada! Musim Hujan Segera Tiba, IDI Sebut Masyarakat Rentan Terjangkit 3 Penyakit Ini

Minggu, 18 September 2022 | 11:41 WIB
header img
IDI menghimbau masyarakat untuk mewaspadai tiga penyakit yang biasa muncul saat musim hujan. Foto/Ilustrasi

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Musim hujan akan segera tiba diberbagai wilayah Indonesia. Biasanya pada cuaca seperti itu, kondisi kesehatan seseorang akan cenderung menurun dan rentan terjangkit penyakit. Oleh karena itu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menghimbau masyarakat untuk mewaspadai tiga penyakit yang sering muncul saat musim penghujan.

Dokter Spesialis Paru dan Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Erlina Burhan, mengungkapkan jika di tengah musim hujan seperti ini paling banyak penyakit yang dikeluhkan masyarakat adalah ISPA, Asma dan bronkitis.

"Biasanya banyak ISPA (Infeksi saluran pernapasan akut), bronkitis, dan Asma. Cuaca seperti ini itu bisa menjadi pemicu mulailah batuk mulai juga kalau asma," ujar dr Erlina Burhan dalam Webinar Vaksinasi Booster di Gedung Astrazeneca, Kamis 15 September 2022.

Dalam pencegahannya, dr Erlina mengatakan ada tiga langkah yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengonsumsi gizi seimbang, istirahat, dan kelola stres. 

Sebagaimana dijelaskannya, ketika musim hujan segala aktivitas tetap berjalan, sehingga perlu menjaga sistem imun. Hal itu bisa didapatkan dengan pola makan yang sehat, serta tidak melupakan istirahat yang cukup. 

"Jadi kalau musim hujan tiba, supaya kita tidak sakit, pertama kita bisa menghindari hujan. Bukan kita menghindar tapi pertahanan tubuh kita yang diperkuat," paparnya.

Dalam memperkuat sistem imun tubuh adalah dengan gizi yang baik, seimbang dan istirahat yang cukup. 

"Karena kalau istirahatnya tidak cukup maka sistem imun turun. Stres juga harus dikelola," tutupnya.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut