Pemkot Semarang Raih Penghargaan KDI 2022 Kategori Pariwisata, Wawali: Terima Kasih MNC Portal

Feldy Utama
.
Jum'at, 23 September 2022 | 11:00 WIB
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyerahkan penghargaan KDI 2022 kepada Wakil Wali Kota Semarang Heaverita Gunaryanti tadi malam. Foto : MPI

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi terpilih menjadi salah satu penerima penghargaan kepala daerah inovatif (KDI) 2022 tadi malam. Hendrar Prihadi dinilai mampu melakukan tranformasi dari kota industri menjadi wisata.

Hendi, panggilan akrabnya, mendapat penghargaan untuk kategori pariwisata di malam penganugerahan yang digelar MNC Portal Indonesia di kompleks Kelenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang.

Karena berhalangan hadir, penganugerahan KDI 2022 diwakili oleh Wakil Wali Kota Semarang Heaverita Gunaryanti, atau biasa disapa Mbak Ita. Heaverita mengucapkan banyak terima kasih yang telah memberikan apresiasi kepala daerah inovatif.

“Kami meraih apresiasi kategori pariwisata, dan inovasi yang telah kami lakukan ialah kegiatan-kegiatan wisata yang ada di Kota Semarang,” ujarnya.

“Saya meyakini bahwa kepala daerah yang hadir malam ini merupakan sosok inovator, yang mampu mengusung era Society 5.0 serta berkolaborasi dengan teknologi untuk memecahkan tantangan tiap daerah,” paparnya lagi.

Penghargaan tersebut tidak lepas dari program inovatif yang dilakukan Wali Kota Semarang dengan mendorong transformasi pada wilayah. Pasalnya, Ibu Kota Jawa Tengah yang semula lebih dekat dengan aktivitas ekonomi di sektor industri, berhasil didorongnya bergeser lebih fokus pada pengembangan pariwisata. Pengembangan pariwisata bertujuan untuk mewujudkan pemerataan ekonomi masyarakat.

Kemudian, siapa sangka Kota Lama Semarang yang semula merupakan wilayah mangkrak, kini telah menyalip kawasan Candi Borobudur sebagai destinasi wisata paling banyak dikunjungi wisatawan di Jawa Tengah.

Kota Lama Semarang selama libur dan cuti lebaran dikunjungi oleh 162.719 wisatawan, di atas Candi Borobudur dengan 153.070 kunjungan wisata, dan Pantai Menganti dengan 115.775 kunjungan.

“Anugerah Inovatif yang diberikan MNC Portal Indonesia kepada kepala daerah ini menjadi bagian penting dalam kerangka Good Governance. Perkembangan zaman yang sangat cepat, mau tidak mau harus dihadapi dengan kreatif, khususnya oleh para kepala daerah. Selamat kepada semua kepala daerah yang mendapatkan anugerah inovasi pada dari MNC Portal Indonesia pada tahun 2022,” ujarnya.

Kota Lama Semarang merupakan tempat wisata yang memiliki julukan Little Netherland. Kawasan ini dinamai Kota Lama karena memang bangunan-bangunan di wilayah tersebut memiliki gaya arsitektur Belanda.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini