Logo Network
Network

Cara Menulis Puisi yang Baik beserta Contohnya

Shabrina Saraya/NET Semarang
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 08:01 WIB
Cara Menulis Puisi yang Baik beserta Contohnya
Puisi merupakan karya sastra yang berisi kata-kata indah, yang banyak digunakan untuk mengungkapkan perasaaan. Ist

Panduan cara menulis puisi ini dapat membantu para siswa dalam mengerjakan soal-soal bahasa Indonesia. Panduan menulis puisi ini juga bisa menjadi referensi bagi siapapun yang ingin menyatakan perasaan.

Ya, puisi merupakan karya sastra yang mengandung muatan perasaan, imajinasi, dan ungkapan dari penyairnya. Dalam puisi, kata-kata yang digunakan lazimnya kata-kata yang memiliki makna indah.

Karya sastra ini disusun dari berbagai macam perasaan baik itu perasaan gembira, sedih, khawatir, resah, dan gelisah. Dalam perkembangannya , puisi tetap menjadi salah satu karya sastra yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan dari sang penulisnya.

Selain untuk menyalurkan perasaan penulis, tak jarang juga puisi menjadi sarana pengenalan budaya dari daerah-daerah yang ada di Indonesia.

6 Langkah Menulis Puisi yang Baik

Cara menulis puisi yang benar melansir buku “Asiknya Menulis Puisi” karya I Wayan Ardhika, berikut langkah-langkahnya:

1. Menentukan tema

Menentukan tema merupakan salah satu pondasi awal dalam menyusun puisi. Dengan mengetahui tema, kita akan lebih mudah dalam membuat puisi. Contoh dari tema ini seperti ketuhanan, alam, cinta, pendidikan, dan lain-lain.

2. Menentukan jenis puisi

Setelah memilih tema untuk puisi, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis puisi yang akan kita buat. Terdapat banyak jenis-jenis puisi, dan kita dapat memilih salah satu yang kita inginkan. Jenis-jenis puisi yang ada di antaranya puisi lama, puisi baru, dan puisi kontemporer.

3. Menentukan judul

Dalam membuat puisi, bisa saja sebenarnya kita menulis puisi dahulu baru menentukan judul. Namun yang harus kita perhatikan adalah bagaimana judul tersebut bisa menarik dan sesuai dengan isi yang ada.

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.