get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Yoto, Awalnya Ojek Sepeda di Kota Tua Kini Pengusaha Ternak Kambing

7 Destinasi Wisata Semarang Paling Hits Tahun 2022, Nomor 1 Sudah Ada Sejak 1804

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 18:40 WIB
header img
Tempat wisata di Semarang. Foto: Instagram @simonimages

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Berkunjung ke Kota Atlas, Anda dapat menikmati berbagai destinasi wisata Semarang yang akan membuat liburan anda menjadi lebih seru. Ada banyak tujuan wisata hits dan Instagramable tahun 2022.

Jika sedang berkunjung ke Jawa Tengah, Anda bisa mampir ke tempat-tempat wisata di Semarang yang seru dan menarik. Salah satunya kota Semarang yang bisa Anda jelajahi saat liburan. 

Penasaran apa saja tempat wisata di Semarang yang wajib dijelajahi?

Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (8/10/2022).

Wisata Semarang Hits Tahun 2022

1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo menjadi tempat wisata pertama di Semarang yang menarik dan wajib dikunjungi. Destinasi ini merupakan kompleks bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Semarang. Candi ini ditemukan oleh Raffles pada 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9.

2. Klenteng Sam Poo Kong

Tempat wisata di Semarang yang ikonik lainnya yakni Klenteng Sam Poo Kong. Terletak di Jalan Simongan, bangunan memiliki nilai sejarah yang kuat. Memiliki arti ‘gua tiga orang sakti’ tempat ini merupakan bekas persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok bernama Zheng He/Cheng Ho. Untuk mengenang Zheng He, masyarakat Indonesia keturunan Tionghoa lalu membangun kelenteng. Saat ini, tempat ini dijadikan tempat bersembahyang serta tempat untuk berziarah.

3. Kampung Pelangi

Tempat wisata di Semarang berikutnya ada Kampung Pelangi. Destinasi wisata ini sempat viral karena keunikannya. Sebelum terkenal dan berwarna-warni seperti sekarang, Kampung Pelangi merupakan pemukiman biasa. Kini, Kampung Pelangi menjadi tujuan wisata yang unik dan banyak spot-spot Instagramable juga, lho!

4. Lawang Sewu

Tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang ikonik. Ini merupakan bangunan bekas zaman Belanda yang masih berdiri megah di Semarang. Auranya yang mistis dan cerita-cerita horor di baliknya membuat Lawang Sewu selalu menarik dikunjungi wisatawan. Anda tertarik mengunjunginya?

5. Pantai Baruna

Tempat wisata di Semarang selanjutnya yaitu Pantai Baruna. Ya, Semarang juga memiliki pantai yang terletak di Bandarharjo. Pantai ini dapat diakses melalui jalur off-road. Daya tariknya, pantai ini membelakangi rerumputan lahan basah dan sebagai tempat pemancingan terkenal.

6. Goa Kreo

Tempat wisata di Semarang selanjutnya yang tak kalah hits yaitu Goa Kreo berupa goa yang terbentuk oleh alam. Masyarakat sekitar mempercayai Goa Kreo sebagai petilasan dari Sunan Kalijaga. Konon, kera-kera yang banyak dijumpai di sekitar goa, dulunya kera yang ditugasi Sunan Kalijaga untuk menjaga kayu yang akan digunakan untuk membangun masjid Demak.

Goa Kreo Semarang berlokasi di perbukitan Gunung Krincing, tepatnya di Dukuh Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Mijen, Semarang, Jawa Tengah. Berada di tengah hutan seluas 5 hektar dengan pepohonan yang rindang, membuat suasana wisata Goa Kreo sejuk dan segar. Untuk menuju lokasi, dapat ditempuh sekitar 13 km ke arah Selatan dari Bundaran Tugu Muda Semarang.

7. Danau BSB Ngaliyan

Tempat wisata di Semarang di urutan terakhir yakni Bukit Semarang Baru (BSB) yang berada di Ngaliyan, Semarang, atau jalan arah Ngaliyan-Boja. Tempat wisata ini menawarkan sejumlah obyek wisata alam yang instagramable salah satunya, danau BSB. Danau buatan ini dikembangkan untuk sarana rekreasi dengan memanfaatkan sumber daya air yang berprinsip pada eko-arsitektur.

Dana buatan yang berada di kompleks perumahan elite BSB Semarang menawarkan pesona keindahan alam yang tidak hanya cocok untuk kaum remaja, tapi juga direkomendasikan untuk para orang tua dan anak-anak. Banyak keluarga yang datang hanya untuk duduk-duduk menikmati keindahan alam, sekedar jalan-jalan, jogging, mengabadikan kebersamaan guna melepas penat.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut