get app
inews
Aa
Read Next : 15 Obyek Wisata Alam di Semarang Paling Asyik untuk Libur Lebaran 2023

15 Wisata Alam di Semarang, Cocok untuk Liburan Keluarga

Selasa, 12 Juli 2022 | 15:38 WIB
header img
Taman Bunga Celosia salah satu destinasi wisata alam di Semarang. (Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id Wisata alam di Semarang bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan bersama keluarga. Selain dikenal dengan kulinernya, Semarang ternyata juga memiliki banyak destinasi wisata alam. So pasti, akan menjadi pengalaman menyenangkan menghabiskan waktu senggang bareng orang-orang tercinta.

Sebagai informasi, wisata alam yang akan diulas di sini lokasinya berada di kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Wisata Semarang ini terdiri dari wisata pegunungan, pantai, hingga wisata edukasi bertema alam.

1. Goa Kreo

Goa Kreo berupa goa yang terbentuk oleh alam. Masyarakat sekitar mempercayai Goa Kreo sebagai petilasan dari Sunan Kalijaga. Konon, kera-kera yang banyak dijumpai di sekitar goa, dulunya kera yang ditugasi Sunan Kalijaga untuk menjaga kayu yang akan digunakan untuk membangun masjid Demak.

Goa Kreo Semarang berlokasi di perbukitan Gunung Krincing, tepatnya di Dukuh Talun Kacang, Kelurahan Kandri, Kecamatan Mijen, Semarang, Jawa Tengah. Berada di tengah hutan seluas 5 hektar dengan pepohonan yang rindang, membuat suasana wisata Goa Kreo sejuk dan segar.

Untuk menuju lokasi, dapat ditempuh sekitar 13 km ke arah Selatan dari Bundaran Tugu Muda Semarang.

2. Waduk Jatibarang


Waduk Jatibarang Semarang

Waduk Jatibarang berada dalam satu kawasan dengan Goa Kreo. Memiliki luas genangan sekitar 189 Ha serta luas daerah tangkapan mencapai 54 KM persegi, waduk ini mampu menampung air hingga 20,4 juta meter kubik yang dimanfaatkan oleh warga Semarang mengatasi masalah banjir.

Keindahan panorama alam membuat Waduk Jatibarang menarik banyak wisatawan. Kini pengunjung bisa menyewa speedboat untuk berkeliling waduk jatibarang dengan pemandangan alam yang indah.

3. Desa Wisata Lembah Kalipancur


Desa Wisata Lembah Kalipancur

Menempati lahan seluas 7 hektar, Desa Wisata Lembah Kalipancur menawarkan pemandangan sawah yang dikelilingi bukit dan danau buatan. Di sini pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas yang berada pada jalur one-way, jadi tidak perlu bolak-balik.

Fasilitas yang ditawarkan antara lain kolam renang, sepeda air, aeroplane cafe, hutan jati, kandang rusa, kambing, sapi, pemancingan hingga warung makan. Wisata alam lembah Kalipancur sekaligus menjadi rujukan wisata edukasi bagi anak-anak Anda. Selain yang sudah disebutkan, di sini pengunjung bisa melihat replika rumah adat dari berbagai negara.

Oh ya, Anda tak perlu membayar tiket masuk, tapi cukup membayar parkir.

Editor : Sulhanudin Attar

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut