Logo Network
Network

Datangi Stadion Kanjuruhan, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta Soroti Hal Ini

Yohannes Tobing , Sindonews
.
Minggu, 09 Oktober 2022 | 10:00 WIB
Datangi Stadion Kanjuruhan, Tim Gabungan Independen Pencari Fakta Soroti Hal Ini
Polisi menembakkan senjata gas air mata saat kericuhan di Stadion Kanjuruhan. ( Foto : Istimewa)

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) telah mendatangi Stadon Kanjuruhan di Kabupaten Malang Jawa Timur, lokasi tragedi yang menyebabkan ratusan nyawa melayang  usia laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Hasil dari pengamatan langsung di lapangan,  TGIPF mendapatkan beberapa catatan. Salah satu yang disoroti ole tim pencari fakta adalah soal sarana pintu masuk. Tim mendapati pintu masuk tribun di Stadion Kanjuruhan  yang juga berfungsi  sebagai pintu keluar. Tidak hanya itu saja, Kanjuruhan tidak memiliki pintu darurat.

 “Tidak ada pintu darurat. Pintu masuk juga untuk pintu keluar itu tak memadai,” ucap anggoat TGIPF Nugroho Setiawan, AFC Safety Security Officer dan PFA Safeguard Committee Chairman, Minggu (9/10/2022).

“Struktur pintu menjadi hal yang harus segera diperbaiki pada Stadion Kanjuruhan. Kemudian juga mempertimbangkan mengenai aspek akses seperti anak tangga sesuai safety description,” ujarnya lagi.

Karena fasilitas pintu masuk dan keluar menjadi satu dan juga tidak memiliki pintu darurat, stadion tersebut tidak memungkinkan untuk menjadi venue pertandingan dengan risiko tinggi.

 “Mungkin kalau medium atau low risk masih bisa. Jadi artinya, untuk high risk match kita harus membuat kalkulasi yang sangat konkrit, misalnya bagaimana mengeluarkan penonton dalam keadaan daruat,” kata Nugroho.

Sementara itu anggota TGIPF lainnya, Mayjen TNI (Purn) Suwarno menambahkan, tim sudah berhasil bertemu dengan semua unsur pengamanan yang terkait. Baik dari unsur kepolisian, Brimob, kemudian unsur -unsur pengendali lapangan, dan juga unsur-unsur TNI.

“Kita sudah mendapatkan informasi dari unsur panitia pelaksana di lapangan, unsur dari steward, dari security officer, dan hari ini tim sempat melihat ke Stadion Kanjuruhan. Semua informasi ini kita akan jadikan sebagai masukan, dan nanti kita akan olah di Jakarta,” ujar Suwarno.

Selain itu, Tim TGIPF juga bertemu dengan beberapa perwakilan dari Aremania yang merasakan langsung saat kejadian di Kanjuruan. Tim berharap mendapatkan masukan yang komprehensif dari semua unsur.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.