get app
inews
Aa Text
Read Next : Kisah Sukses Si Umang, dari Bisnis Bermodalkan Rp10.000 Kini Punya Pabrik dan Minimarket

Kisah Sukses Pemilik Es Teh Indonesia, Franchise Beromzet Puluhan Miliar

Senin, 10 Oktober 2022 | 12:19 WIB
header img
Perintis Es Teh Indonesia, Haidhar Wurjanto. Foto : Instagram/@haidharwurjanto

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Es teh Indonesia dirintis dari sebuah booth kecil di salah satu pameran. Hanya bermodalkan Rp5 juta, usaha tersebut saat ini sudah berkembang menjadi franchise dengan omzet penjualan puluhan miliar tiap bulannya.

Adalah Haidar Wurjanto, sosok pemilik es teh Indonesia. Pria asal Bogor itu sejak remaja memang sudah sering berkecimpung dalam dunia bisnis. Saat masih dibangku SMA, ia sudah berjualan pulsa, aksesoris Blackberry (BB), masakan Jepang, nasi goreng gerobak sampai lulus kuliah.

Setelah melalui riset pasar, kemudian dia menciptakan brand minuman dengan menu andalan es teh. Tak disangka, dia mampu meraup omzet hingga  miliaran rupiah. Ini tak lain karena es teh merupakan salah satu minuman favorit banyak orang.

Haidhar merupakan pendiri sekaligus CEO Es Teh Indonesia sebelum Nagita Slavina. Melalui tangan dinginnya, Haidhar mampu membesarkan bisnis yang mungkin dipandang orang sepele, hanya menjual es teh.

Pemilik Es Teh Indonesia ini sukses mengembangkan bisnisnya hingga membuka 300 gerai di Indonesia. Kisah sukses Haidhar tersebut berawal dari sebuah pameran pada tahun 2018 di Kemang Village, Jakarta.

Dirinya menyewa sebuah booth kecil untuk memulai bisnisnya. Modal awal usahanya yang hanya Rp5 juta itu disambut antusias oleh masyarakat, padahal dia hanya menjual minuman es teh.

Keputusan Haidhar untuk bisnis es teh terbilang cukup jeli dalam melihat peluang. Es teh yang dia jual memiliki harga terjangkau dan mayoritas disukai oleh banyak orang. Berawal dari hal sederhana, Haidhar mampu membangun gurita bisnisnya di Indonesia.

Riset pasar yang dia lakukan juga sangat jeli. Pasalnya, dirinya melihat bahwa minuman paling banyak yang di pesan baik di restoran, kafe, dan tempat makan lainnya mayoritas adalah es teh. Meskipun banyak daftar minuman dalam menu, namun dirinya melihat bahwa es teh adalah primadonanya.

Es teh Indonesia pun semakin menunjukkan perkembangannya. Penghasilannya dari bisnis itu semakin meningkat hingga pernah mencapai Rp150 juta per bulan. Atas pertimbangan itu, Haidhar memutuskan membuka cabang dan membangun kemitraan.

Sampai saat ini Es Teh Indonesia sudah mendapatkan rata-rata penjualannya berkisar Rp100 juta-Rp150 juta per bulannya. Secara keseluruhan omzet yang didapatkan mencapai Rp25 miliar-Rp37 miliar per bulan dari seluruh cabang yang ada di Tanah Air.

Belum lama ini, perusahaan yang menaungi Es Teh Indonesia, PT Esteh Indonesia Makmur resmi mengangkat Nagita Slavina menjadi CEO perusahaan. Istri Raffi Ahmad tersebut menggantikan posisi Haidhar yang sebelumnya memimpin perusahaan itu.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut