get app
inews
Aa Read Next : Netizen Soroti Azizah Salsha Foto Bareng Lesti Kejora di SUGBK: Apa Ga Malu Lu?

Sejarah Sneakers, Sepatu Mahal Koleksi Selebritis

Minggu, 23 Oktober 2022 | 17:10 WIB
header img
Foto deretan sepatu sneakers yang dipajang di pusat perbelanjaan. Foto : istimewa

JAKARTA, iNewsSemarang.idSepatu model sneakers saat ini banyak diburu oleh kawula muda. Karena modelnya selalu mengikuti tren, membuat pemakainya tampil lebih percaya diri. Bahkan, tidak sedikit yang berani merogoh kocek puluhan juta demi mendapatkan sneakers branded.

Sneakers ini tidak hanya menjadi incaran kaum pria saja, tapi juga diminati oleh kaum hawa. Pasalnya, sneakers sudah dianggap sebagai alas kaki yang fashionable dan punya nilai tinggi.

 

Sejarah Sneakers

Sneakers muncul di ranah fashion di era 1800-an. Saat pertama kali muncul sneakers langsung ramai di kalangan anak muda Amerika. Kala itu sekitar tahun 1892 U.S Rubber Company memperkenalkan sepatu karet yang lebih nyaman dengan bahan kanvas, yang disebut keds.

Lalu kemudian pada tahun 1917, sepatu ini mulai diproduksi secara massal. Pada masa itu keds dijuluki Sneaker karena jika dipakai berjalan tidak berbising dan tenang, sehingga orang yang memakai bisa menyelinap pada seseorang.

Pada tahun yang sama, Marquis Converse memproduksi sepatu khusus pertama yang hanya untuk basket, yang disebut Converse All Stars. Pada 1923, lIndiana hoops star bernama Chuck Taylor mendukung produksi sepatu yang kemudian dikenal sebagai Chuck Taylor All Stars. Ini adalah sepatu basket terlaris sepanjang masa.

 

Kenapa harus nama Sneakers?

Mengapa diberi nama sneakers? Ternyata sesuai dengan namanya, a'sneak' yang artinya mengendap-endap, membuat sepatu ini terasa hening saat digunakan. Berbeda dengan sepatu Boot atau Oxford yang menimbulkan suara saat digunakan.

Selain tidak berisik saat dipakai, kelebihan sneakers yakni bisa melindungi kaki sepanjang hari. Tak perlu takut kaki akan lecet ketika lama menggunakan sepatu, karena biasanya bahan yang digunakan untuk membuat sneakers adalah bahan yang sangat nyaman dan lentur.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut