get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Gelombang Panas Menuju Indonesia

Berikut Profil Jeka Saragih, Petarung Pertama Indonesia yang Bakal Mentas di UFC

Minggu, 23 Oktober 2022 | 23:36 WIB
header img
Petarung dari Batam Fighting Club Jeka Saragih. Foto : Instagram

ABU DHABI, iNewsSemarang.id  - Nama petarung Jeka Saragih mendadak menjadi trending topic Twitter pada Minggu (23/10/2022) malam WIB. Namanya banyak diulas di Twitter usai tampil ganas dalam semifinal Road to UFC di Etihad Arena, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Pada laga tersebut Jeka Saragih melawan fighter Korea Selatan, Won Bin Ki. Hebatnya, Jeka langsung merobohkan Won Bin Ki pada ronde pertama. Pukulan kencangnya mendarat deras di dagu sang lawan. Jeka pun dinyatakan menang KO usai mengalahkan petarung dengan berat 156 pon tersebut.

Jeka Saragih sendiri adalah satu-satunya wakil Indonesia yang masih tersisa di babak semifinal Road to UFC. Hasil melawan Won Bin Ki membuatnya ke final.  Di final nanti petarung kelahiran Sumatera Utara akan melawan fighter India, Anshul Jubli.

Kabarnya dia selangkah lagi akan dikontrak Ultimate Fighting Championship (UFC), promotor seni bela diri campuran asal Amerika Serikat.

 

Profil Jeka Saragih

Pemilik nama lengkap Jeka Asparido Saragih ini merupakan atlet bela diri asuhan Batam Fighter Club (BFC) asal Dusun Bah Pasussang, Sumatera Utara. Lahir 3 Juli 1995, Jeka Seragih sudah memperlihatkan talenta bertarung yang luar bisa.

Sejak masih SMA, Jeka Saragih sudah menunjukkan ketertarikannya dengan bela diri. Jeka menekuni wushu hingga ia mengikuti pertandingan di Filipina pada 2013 meski dirinya belum sukses meraih juara.

Kekalahan tak memadamkan api semangatnya. Jeka Saragih terus menekuni bela diri wushu hingga ia berhasil memenangkan kejurnas wushu di Yogyakarta mewakili Sumatera Utara. Pada tahun 2015, Jeka Saragih sempat ingin mengikuti Pekan Olah Raga Nasional di Sumatera Utara.

Tapi, orang tuanya melarang. Akhirnya, Jeka hijrah ke Batam dan menjadi pekerja galangan kapal di PT SMOE. Di sela-sela kesibukan bekerja, Jeka Saragih tetap mengasah kemampuan bela dirinya.

Hingga akhirnya dia magang di sasana Batam Fighter Club (BFC) milik Yakop Sutjipto. Jeka Saragih mendapat tawaran dari pemilik BFC untuk ikut kejuaraan One Pride di salah satu televisi nasional yang mempertandingkan para petarung MMA.

Setelah mengikuti seleksi, ia masuk dengan nilai grade A kelas 70 kg. Pada bulan Agustus 2022, tercatat Jeka Saragih pernah mengikuti latihan intensif di San Diego, Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam, Jeka Saragih diasuh Marc Fiore dari Team Wrestling USA yang berpengalaman dalam menciptakan petarung tangguh dan pemenang UFC, serta pemegang sabuk hitam Jiu Jitsu.

"Saya bersyukur sekali bisa mendapat kesempatan berlatih di Amerika. Saya bertekad untuk memanfaatkan sebaik-baiknya, saya fokus ingin membuktikan diri kalau mampu merebut kontrak UFC dan membuat Indonesia bangga," kata Jeka dalam konferensi pers, Jumat (19/8/2022).

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut