get app
inews
Aa Read Next : Terungkap 2 Nama yang Dikantongi PDI Perjuangan untuk Pilkada Kendal, Salah Satunya Ada Wabup Basuki

Demo Diganti Audensi Tuntutan Warga Tanjungsari Diabaikan, Kades: Monggo ke PTUN

Senin, 24 Oktober 2022 | 14:30 WIB
header img
Audensi warga dengan Kades Tanjungsari dan panitia penjaringan perangkat desa.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Aksi demontrasi menuntut penjadwalan ulang pendaftaran pengisian kekosongan jabatan Kasie Pemerintahan dan Kasie Pelayanan di Pemdes Tanjungsari Rowosari batal dilakukan. Aksi itu kemudian diganti dengan audensi oleh sejumlah warga dengan Kades dan panitia penjaringan.

Audensi yang digelar di aula Balaidesa Tanjungsari dengan pengawalan ketat aparat Kepolisian dan TNI berjalan panas. Warga awalnya menanyakan kapan sosialisasi pengisian kekosongan jabatan di Pemdes Tanjungsari dan tahapan-tahapannya.

Ketua BPD Tanjungsari, Bayu Arto menyampaikan, kegiatan sosialisasi pengisian kekosongan jabatan perangkat desa dilakukan Pemdes Tanjungsari saat mengundang BPD dan RT RW melakukan rapat RKPDes tahun 2023 pada tanggal 12 Oktober lalu.

"Undangannya saat itu mengenai rapat RKPDes. Dan diakhir rapat Pak Kades mensosialisasikan mengenai pengisian kekosongan jabatan perangkat desa," kata Bayu, Senin (24/10/2022).

Acara RKPDes sendiri didokumentasikan dirinya dalam sebuah notulen dan sempat dibacakan saat audensi berlangsung. Sementara, terkait acara sosialisasi pengisian kekosongan jabatan perangkat desa belum didokumentasikan dalam notulen.

"Untuk sosialisasinya belum saya tulis di notulen. Karena kegiatan itu di luar dari undangan," ujarnya.

Usai audensi, Saiful Amar selaku koordinator warga dengan wajah yang kesal menegaskan, tidak adanya titik temu dalam audensi, maka dirinya bersiap untuk menggelar aksi demo besar-besaran dan akan menempuh jalur hukum.

Sebelumnya, dalam audensi Saiful sempat mengajukan tuntutannya kepada Kades Tanjungsari untuk membubarkan panitia penjaringan dan penyaringan perangkat desa serta melakukan pembukaan dan penjadwalan ulang pada tahap pendaftaran.

"Tadi dalam pemaparan yang telah disampaikan jelas sekali bahwa di sini tidak ada transparansi. Prinsip kita tetap akan memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi masyarakat agar pengisian kekosongan jabatan perangkat desa ini bisa dibuka secara transparan," kata Saiful Amar.

Ia kembali menegaskan, sehubungan tidak adanya titik temu dalam audensi, demo besar-besaran akan segera dilakukannya bersama warga.

"Kita akan berkoordinasi dulu untuk aksi besar-besaran. Untuk menempuh jalur hukum juga tetap akan kita lakukan," ungkapnya.

Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Perangkat Desa Tanjungsari, Sugiyo mengatakan, sesuai amanat yang sudah diberikan oleh kepala desa, dirinya akan berusaha menjalankan tugasnya sesuai prosedur.

"Apabila ada yang merasa kurang pas atau kurang puas dengan tahapan-tahapan ini, silahkan melanjutkan ke ranah hukum. Saya siap," kata Sugiyo.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut