get app
inews
Aa Read Next : Selamat! UIN Walisongo Semarang Lepas 1518 Wisudawan, 1047 Diantaranya Lulus Tepat Waktu

Peringati Hari Santri Nasional, KKN UIN Walisongo Gelar Upacara dan Lomba Cerdas Cermat

Senin, 24 Oktober 2022 | 20:53 WIB
header img
Kelompok 25 dan 26 KKN UIN Walisongo gelar upacara dan lomba peringatan Hari Santri Nasional di Desa Krandon Lor, Sabtu (22/10/22). Foto: KKN UIN Walisongo

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang kelompok 25 dan 26 berkolaborasi menggelar upacara dan lomba cerdas cermat dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional di Desa Krandon Lor pada Sabtu (22/10/22). 

Rangkaian kegiatan upacara dan lomba cerdas cermat spesial hari santri itu dilaksanakan selama dua hari berturut-turut pada hari Sabtu dan Minggu. Kegiatan berjalan dengan lancar dan penuh dengan antusias dari masyarakat.

Koordinator desa posko 25 KKN UIN Walisongo, Rizkiyana mengungkapkan kolaborasi ini dilakukan sebagai bentuk ceremonial peringatan hari santri nasional di Desa Krandon Lor dan juga melatih softskill siswa.

“Sebagai bentuk seremonial peringatan hari santri nasional. Anak-anak SD dan MI di krandon lor perlu dilatih softskillnya sejak dini seperti kemampuan public speakingnya dan hal lainnya yang mengarah pada pendidikan,” kata Rizkiyana.

“Respon pihak sekolah juga sangat mendukung dengan baik, jadi kita laksanakan serangkaian lomba ini untuk memeriahkan hari santri,” imbuhnya.

Menurutnya, dalam serangkaian kegiatan perayaan hari santri ini meliputi upacara peringatan hari santri dan membuka empat cabang perlombaan.

“Hari Sabtu (22/10/22) kita adakan lomba adzan, lomba pemilihan dai cilik, dan lomba tartil. Sedangkan hari Minggu (23/10/22) kita adakan upacara peringatan hari santri yang dilanjut lomba cerdas cermat dan pengumuman pemenang lomba,” tandasnya.

Pasalnya, serangkaian kegiatan peringatan Hari Santri tersebut pertama kalinya diselenggarakan di Desa Krandon Lor.

Kepala sekolah MI 02 Krandon Lor, Mohammad Halimi, menuturkan bahwa perlombaan antar sekolah se-Krandon Lor ini merupakan kegiatan pertama kalinya dalam memperingati hari santri.

“Sangat bagus, biasanya dari MI ketika memperingati Hari Santri hanya sekedar mengadakan perlombaan antar kelas, namun sekarang dari mahasiswa KKN mengadakan antar sekolah se-Krandon Lor,” ujar Halimi.

Antusias pihak sekolah dapat terlihat dari pengiriman delegasi untuk setiap cabang lomba meski dengan persiapan yang sebentar.

“Surat undangan diterima hari Senin, jadi persiapannya sebentar. Namun anak-anak sangat bersemangat sehingga mampu tampil meski dengan persiapan yang singkat,” tutur Halimi.

Guru SDN 02 Krandon Lor, Salsiyah mengapresiasi ide kreatif mahasiswa untuk menggelar serangkaian kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, saya sangat mendukung, mbak. sebab ini baru pertama kalinya diadakan serangkaian kegiatan dalam memperingati hari santri di Desa Krandon Lor,” tutur Salsiyah.

Salsiyah berharap nantinya kegiatan ini dapat berkelanjutan untuk tahun-tahun selanjutnya.

“Saya mendukung kegiatan seperti ini dapat berlanjut untuk tahun-tahun selanjutnya sebagai pererat persaudaraan antar SD dan MI di Desa Krandon Lor,” pungkasnya.

 

*Serial berita KKN UIN Walisongo ini merupakan kerjasama iNewsSemarang.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Walisongo Semarang.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut