get app
inews
Aa Read Next : Genbi UIN Walisongo 2022 Gelar Seminar Proposal untuk Penuhi KKN Mandiri Pengakuan

Puding Daun Kelor, Menu Unik Mahasiswa KKN UIN Walisongo Untuk Posyandu Lansia

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:10 WIB
header img
Mahasiswa KKN UIN Walisongo turut berkontribusi dalam kegiatan posyandu lansia di Kelurahan Pedalangan, Kamis, (26/01/2023). Foto: Dok KKN UIN Walisongo

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Mahasiswa KKN Mandiri Inisiatif Terprogram (MIT) ke-15 UIN Walisongo turut berkontribusi dalam kegiatan posyandu lansia di Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Kamis, (26/01/2023). Dalam kesempatan itu, mahasiswa KKN menyajikan puding daun kelor sebagai menu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk para Lansia.

Koordinator Divisi Kesehatan dan Lingkungan, Baity Kharisma menjelaskan bahwa daun kelor memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat mengurangi peradangan, menurunkan kolesterol, menangkal radikal bebas, dan mencegah kanker. Namun masyarakat masih banyak yang belum mengetahui cara mengolah daun kelor. 

"Daun kelor memiliki banyak manfaat, namun masyarakat masih banyak yang belum tau cara mengolahnya. Maka dari itu, kami memilih membuat puding dari daun kelor karena cara membuatnya yang mudah. Selain itu, daun kelor juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan," terangnya.

Salah satu kader posyandu, Rita menjelaskan bahwa posyandu lansia merupakan program rutin yang dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan lansia. 

"Ini merupakan program rutin bulanan untuk mengontrol kesehatan lansia. Jika ada lansia yang sakit maka kader akan mengadakan kunjungan dan bila diperlukan akan memberi rujukan ke Puskesmas,” tutur Rita.

Rita mengaku senang dengan adanya partisipasi mahasiswa KKN UIN Walisongo dalam pelaksanaan posyandu lansia. Ia mengungkapkan kehadiran mahasiswa KKN cukup membantu dan mempermudah pekerjaan yang ada.

“Kami menyambut baik inovasi menu PMT dari daun kelor yang diberikan oleh adik-adik Mahasiswa KKN. Tentu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

 

*Serial berita KKN UIN Walisongo ini merupakan kerjasama iNewsSemarang.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Walisongo Semarang.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut