get app
inews
Aa Read Next : Kodam Diponegoro Fasilitasi Pelaku UMKM Pamerkan Produk di Lapangan Parade

Dukung Pelaku UMKM, Tim KKN UIN Walisongo Beri Pendampingan Sertifikasi Produk Halal

Rabu, 01 Februari 2023 | 21:40 WIB
header img
Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang memberi pendampingan sertifikasi produk halal di Kelurahan Pedalangan, Kota Semarang. Foto: Dok KKN UIN Walisongo Semarang

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Mahasiswa KKN MIT Ke-15 UIN Walisongo Semarang posko 6 menggelar seminar dan pendampingan sertifikasi produk halal untuk mendukung pelaku UMKM di Kelurahan Pedalangan, Kota Semarang. Kegiatan yang dilaksanakan di Balai RW 05 ini berkolaborasi dengan Walisongo Halal Center (WHC).

Salah satu anggota posko 6 KKN UIN Walisongo Semarang, Ikhsan mengungkapkan, program tersebut merupakan upaya mendukung program Pemerintah pada tahun 2024 yaitu seluruh produk UMKM memiliki sertifikasi halal.

"Kami berkalaborasi dengan Walisongo Halal Center (WHC) untuk mendukung program Pemerintah yaitu 2024 UMKM tersertifikasi halal semua," kata Ikhsan.

Kegiatan ini disambut antusias oleh 12 pelaku UMKM se-Kecamatan Banyumanik. Rumitnya proses pengisian formulir menjadi salah satu kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM yang ingin mengajukan sertifikasi halal.

Utami, salah satu peserta seminar mengungkapkan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM yang ingin melakukan sertifikasi halal.

"Kegiatan ini sangat membantu, apalagi untuk pemula yang ingin mendapatkan sertifikasi halal," ucapnya saat ditemui disela acara.

Elly Mahasiswa KKN Walisongo juga menambahkan bahwa pendamping yang diberikan berupa input data diri, produk, serta foto produk yang ingin di daftarkan sertifikasi halal. Meski beberapa masih terkendala logo dan kemasan. 

"Kami mendampingi dari input data diri, produk hingga foto produk," tandasnya.

*Serial berita KKN UIN Walisongo ini merupakan kerjasama iNewsSemarang.id dengan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Walisongo Semarang.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut