Logo Network
Network

Pembibitan Atlet Sepak Takraw, Ketua Dewan Rutinkan Turnamen Setiap Tahun

Agus Riyadi
.
Minggu, 13 November 2022 | 10:20 WIB
Pembibitan Atlet Sepak Takraw, Ketua Dewan Rutinkan Turnamen Setiap Tahun
Turnamen Sepak Takraw antar pelajar yang digelar PSTI Kendal untuk membibit para atlet sejak dini. Foto iNews.id/Agus Riyadi

KENDAL, iNewsSemarang.id - Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun yang menjabat sebagai Ketua Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Kendal fokus dalam melakukan pembibitan atlet-atlet muda sepak takraw. Hal ini dilakukan dengan menggelar sebuah ajang kejuaraan atau turnamen sepak takraw antar pelajar.

Seperti yang dilakukan kali ini. Sebuah ajang kejuaraan sepak takraw antar pelajar tingkat kabupaten digelar PSTI Kendal di SD Negeri 2 Jungsemi Kecamatan Kangkung. Ajang ini diikuti puluhan tim sepak takraw mulai dari tingkat SD hingga SMP.

"Ada 22 tim dari SD dan 14 SMP di Kabupaten Kendal yang mengikuti kejuaraan ini," terang Makmun, Sabtu (12/11/2022).

Ajang kejuaraan sepak takraw seperti ini, kata Makmun, rencananya akan dijadikan sebagai ajang rutin bagi PSTI Kendal dalam setiap tahunnya. Kejuaraan ini dimaksudkan untuk mencari bibit-bibit potensial yang nantinya akan dilatih menjadi atlet profesional sepak takraw.

Dijelaskan Makmun, kejuaraan kali ini sengaja digelar di Desa Jungsemi karena dirinya melihat olahraga sepak takraw di Desa Jungsemi sudah menjadi seperti budaya dan sangat memasyarakat.

"Di desa ini banyak melahirkan atlet-atlet sepak takraw profesional yang berlaga di tingkat nasional, bahkan ada yang sudah go internasional, sehingga ini menginspirasi kami untuk menggelar kejuaraan di sini," ungkapnya.

Sulton selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, dari 22 SD yang mengikuti kejuaraan ini terdiri dari 22 tim putera dan 6 tim putri. Sedangkan untuk pelajar SMP terdiri dari 14 rim putera dan 8 tim putri.

Dia berharap, dengan rutinnya sebuah kejuaraan yang digelar, proses pembibitan atlet bisa terus berlanjut.

"Kita juga melihat daerah lain. Mereka juga serius dalam melakukan proses pembibitan dan wilayahnya lebih luas. Kita tidak mau ketinggalan dengan mereka," ungkapnya.

Dia membeberkan, PSTI Kendal selama ini banyak menyabet prestasi di tingkat kabupaten, provinsi hingga tingkat nasional. Untuk tingkat provinsi, dia menyebut Kabupaten Jepara sebagai lawan tangguh dalam setiap kali ada turnamen.

"Lawan beratnya Jepara. Kalau yang lain kita selalu menang, bahkan untuk di Karisidenan Semarang kita selalu nomor satu," bebernya.

Ditambahkan, dengan rutinnya ajang kejuaraan sepak takraw yang digelar dia meyakini sepak takraw di Kabupaten Kendal ke depan akan semakin maju dan akan semakin banyak meraih prestasi.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.