Pernah Jadi Cleaning Service, Pelatih Arab Saudi yang Sikat Argentina Bawa 2 Timnas di Afrika Juara 

Sazili M
.
Rabu, 23 November 2022 | 15:26 WIB
Pelatih Timnas Arab saudi Hervé Renard (twitter @FaktaSepakbola)

QATAR, iNewsSemarang.id - Di luar dugaan, Timnas Arab Saudi mengalahkan tim tangguh Argentina 2-1 di Piala Dunia 2022. Pemain Arab Saudi membuat mega bintang Lionel Messi mati kutu. Para pemain Argentina seperti menabrak tembok, mereka sangat kesulitan menembus pertahanan Arab Saudi.

Keberhasilan Arab Saudi itu selain memunculkan pesta pora di seantero Timur Tengah, juga membuat dunia sepak bola tercengang.  Di balik sukses Arab Saudi mempermalukan Argentina itu, ada sosok pelatih Herve Renard. Mungkin tidak banyak yang tahu siap Herve  Renard. 

Yah, ada cerita heroik sosok Herve Renard. Bagaimana tidak. Di balik otak cerdasnya meracik skuad Arab Saudi saat mempermalukan Argentina, Herve Renard punya perjalanan hidup yang tidak mulus. Dia pernah menjadi seorang petugas cleaning service.  

Saat berusia 15 tahun, Herve Renard mencoba trial dengan klub Cannes, dengan harapan bisa menjadi pemain bola profesional. 

"Setelah saya ketemu pemain yang lebih top, saya rasa saya tak cocok jadi pemain bola," jelas Harve Renard seperti dikuti akun twitter @FaktaSepakbola.

Setelah merasa dirinya sebagai "pemain biasa kelas level 3", Herve akhirnya memutuskan menjalani bisnis jasa tentang kebersihan. Yakni bertugas mengumpulkan sampah pada tengah malam

"Saya sering ingat momen di tahun-tahun itu, bangun jam 3 pagi untuk membersihkan sebuah bangunan," ungkapnya.

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini