get app
inews
Aa Read Next : Tragis! Dua Bocah di Pekalongan Tewas Tertabrak Kereta Api saat Main di Perlintasan

Pagi Ini, Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi 4 Korban Tewas Akibat Gempa Cianjur

Jum'at, 25 November 2022 | 10:41 WIB
header img
Tim SAR gabungan mengevakuasi jasad korban gempa Cianjur di lokasi Warung Sate Shinta. (FOTO: DIV HUMAS POLRI)

CIANJUR, iNewsSemarang.id - Sebanyak empat korban dalam keadaan tewas akibat gempa Cianjur berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh Tim Search and Rescue (SAR) gabungan Unit K9 dan SAR Brimob Polri pagi ini, Jumat (25/11/2022). Keempat korban kemudian dibawa ke rumah sakit untuk diidentifikasi.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, keempat korban ditemukan di Warung Sate Shinta, Kecamatan Cugenang. Jenis kelamin keempat korban belum teridentifikasi.

"Korban pertama dievakuasi pukul 07.25 WIB. Kemudian pukul 07.32, tim mengevakuasi korban kedua. Enam menit kemudian atau 07.38 WIB, dilakukan evakuasi korban ketiga. Sedangkan korban keempat dievakuasi pukul 07.55 WIB," kata Kadiv Humas Polri.

Diketahui, tim SAR Gabungan kembali melanjutkan pencarian terhadap 39 warga hilang akibat gempa Cianjur. Hari ini, Jumat (25/11/2022), tim dibagi menjadi 3 worksites atau titik lokasi.

Perinciannya, worksite A Warung Sate Shinta dengan shift 1 sebanyak 241 personel dan lima anjing pelacak. Shift 2 sebanyak 245 personil ditambah 4 personel technical search (life detector).

Worksite B di Desa Cijedil RT 03/01, Kecamatan Cugenang dengan kekuatan 472 personel ditambah empat anjing pelacak dan empat personel technical search.

Worksite C fokus melakukan pencarian di Kampung Cicadas, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang. Tim berkekuatan 480 personel, ditambah dua anjing pelacak dan empat personel technical search.

"Setiap SRU diharapkan bisa melaksanakan aksi pencarian dan pertolongan di worksites yang telah ditentukan," kata Kepala Basarnas Bandung Jumaril. 

Selain giat evakuasi, ujar Jumaril, hari ini ada dropping dukungan logistik berupa terpal, paket keluarga, paket balita, beras, dan air mineral ke wilayah terisolasi dampak gempa bumi Cianjur.

"Dropping logistik dilakukan ke Kecamatan Cugenang dan Desa Bunikasih Warung Kondang. Kemudian ke Kampung Cikadal, Desa Nyalindung dan Pasir Sapi, Kecamatan Mangunkerta, dan Kecamatan Sarampad," ujar Jumaril. 

Berdasarkan data di Posko Utama Tim SAR, jumlah korban luka-luka 2.046 orang, 62.545 orang mengungsi, 272 orang meninggal dunia dan telah teridentifikasi, dan yang masih dalam pencarian 39 orang.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut