get app
inews
Aa Read Next : Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh pada 10 April 2024, NU Kapan?

Diprotes Sejumlah Ormas Islam, AS Batalkan Kunjungan Utusan Khusus LGBT ke Indonesia

Jum'at, 02 Desember 2022 | 21:35 WIB
header img
Utusan Khusus AS untuk memajukan Hak Asasi Manusia LGBT Jessica Stern batal berkunjung ke Indonesia. Foto : AFP/INews.Id

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Pemerintah Amerika Serikat (AS) membatalkan kunjungan Utusan Khusus untuk Hak Asasi Manusia (HAM) LGBT, Jessica Stern, ke Indonesia. Pembatalan tersebut disampaikan oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Kim.

“Setelah berdiskusi dengan rekan-rekan kami di Pemerintah Indonesia, kami telah memutuskan untuk membatalkan kunjungan Utusan Khusus Stern ke Indonesia,” demikian pernyataan tertulis Sung Kim, Kedubes AS di Jakarta, Jumat (2/12/2022).

Dalam keterangan itu, dia juga menekankan bahwa demokrasi, keragaman, dan toleransi menjadi bagian dari alasan kuatnya hubungan AS dengan Indonesia.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri RI pada Jumat siang mengatakan belum mendapat konfirmasi terkait rencana kunjungan Stern. Pernyataan itu disampaikan Juru Bicara Kemlu, Teuku Faizasyah.

Sementara Departemen Luar Negeri AS sebelumnya mengumumkan rencana perjalanan Stern ke Vietnam, Filipina, dan Indonesia melalui situs resminya.

Selama kunjungan tersebut, Stern disebut akan bertemu dengan pejabat pemerintah dan perwakilan masyarakat sipil untuk mendiskusikan hak asasi manusia, termasuk memajukan hak kaum LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender.

Rencana kunjungan tersebut menimbulkan kontroversi di Indonesia. Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menolak tegas rencana itu. Terbaru, Muhammadiyah juga mendesak agar Kementerian Luar Negeri mengajukan keberatan.

Jessica Stern  adalah utusan khusus AS, yang ditunjuk langsung oleh Presiden Joe Biden untuk mengawasi implementasi Memorandum Presiden 4 Februari 2021 tentang Memajukan Hak Asasi Manusia LGBT di Seluruh Dunia. (mg arif) 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut