get app
inews
Aa Read Next : 5 Stasiun Kereta Paling Angker di Indonesia: No 3 Ada di Semarang, Sering Muncul Penampakan

7 Penemuan Arkeologi Paling Misterius di Bumi, Ada Manusia Kerdil dari Flores Indonesia

Sabtu, 03 Desember 2022 | 12:36 WIB
header img
Beberapa penemuan arkeologi ini membuat dunia terkagum-kagum namun membuat ilmuwan harus berpikir keras memecahkan misteri benda kuno tersebut. Foto: Dok

5. Tabut Perjanjian

Menurut kitab kuno, Tabut Perjanjian adalah peti kayu bertatahkan emas yang berisi kitab dari 10 perintah. Pada zaman dahulu, kotak suci ini disimpan di First Temple, tempat ibadah orang Yahudi di Yerusalem. 

Tetapi Bait Suci Pertama dihancurkan pada tahun 587 SM oleh tentara Babilonia yang dipimpin oleh Raja Nebukadnezar II. Tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi dengan peti bertahtakan emas itu, meskipun sudah banyak orang yang telah mencarinya. 

Beberapa laporan kuno mengatakan bahwa Tabut Perjanjian itu sampai ke Babel setelah Nebukadnezar menjarah kota Yerusalem.

Teori lainnya menyatakan bahwa bahtera itu terkubur di suatu tempat di Yerusalem atau dihancurkan bersama dengan Bait Suci Pertama. Laporan modern mengisyaratkan bahwa bahtera itu berada di sebuah biara di Etiopia. 

6. Gulungan Tembaga

Inilah satu misteri arkeologi yang belum juga terpecahkan hingga kini. Sebuah gulungan terbuat dari tembaga kuno yang ditemukan di situs Qumran pada tahun 1952 mungkin menggambarkan tempet penyimpanan harta karun berupa emas dan perak.

Gulungan tembaga itu ditemukan di samping Gulungan Laut Mati di tempat yang sekarang menjadi Tepi Barat di wilayah Palestina. Penanggalan di gulungan tembaga itu menunjukan hampir 2.000 tahun lalu ketika Kekaisaran Romawi menguasai pemukiman Qumran. 

Para peneliti percaya bahwa gulungan itu mungkin menggambarkan harta karun yang disembunyikan oleh penduduk setempat untuk menjaganya dari tangan pasukan Romawi selama pemberontakan yang sering terjadi di daerah itu terhadap kekaisaran. 

7. Antikythera

Ditemukan di reruntuhan kapal kargo Yunani yang tenggelam yang berusia setidaknya 2.000 tahun, artefak perunggu melingkar berisi labirin roda gigi yang saling terkait dan karakter misterius terukir di seluruh bagian yang terbuka. 

Awalnya dianggap semacam astrolabe navigasi, para arkeolog terus mengungkap kegunaannya dan sekarang tahu bahwa itu diperkirakan kalender astronomi yang sangat rumit.

Antikythera merupakan perangkat paling canggih yang pernah ditemukan dari periode itu, mendahului kemunculan perangkat serupa berikutnya selama 1.000 tahun.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut