get app
inews
Aa Read Next : Gunung Merapi Minggu Pagi: Luncurkan Awan Panas Sejauh 1 Km, Cuaca Cerah dan Berawan

Terus Keluarkan Abu Vulkanik, Gunung Semeru Berpotensi Alirkan Lahar Sepanjang 19 Km

Selasa, 06 Desember 2022 | 12:38 WIB
header img
Gunung Semeru mengeluarkan asap berupa abu vulkanik dari pengamatan Selasa (6/12/2022) pagi di Pos PGA Gunung Semeru . Foto : Ist

LUMAJANG, iNewsSemarang.id - Gunung Semeru masih menunjukkan aktivitas vulkanologi. Pada Selasa (6/12/2022) pagi, gunung api tersebut meluncurkan material vulkanik sekitar pukul 05.02 WIB dengan ketinggian kurang lebih 400 meter dari puncak.

Asap berupa abu vulkanik terlihat mengarah ke selatan dan barat daya, dengan intensitas sedang. Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru di Gunung Sawur menyebut, aktivitas vulkanis ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 23 mm dengan durasi 73 detik.

Petugas PGA Semeru Mukdas Sofian menuturkan, secara visualisasi mata sejak Selasa pagi Gunung Semeru terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang tinggi sekitar 100-300 meter dari puncak.

“Pengamatan kegempaan terjadi 22 kali gempa letusan atau erupsi dengan amplitudo 10-23 mm, dan lama gempa 60-155 detik,” ucap Mukdas Sofian, dalam keterangan yang diterima pada Selasa (6/12/2022).

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut