Logo Network
Network

Laku Supranatural Soeharto dan Cerita Mistis Topeng Gajah Mada

Masdarul KH
.
Jum'at, 16 Desember 2022 | 14:22 WIB
Laku Supranatural Soeharto dan Cerita Mistis Topeng Gajah Mada
Topeng Gajah Mada yang dikeramatkan karena dianggap sakral. Foto : ist

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Mantan Presiden Soeharto selama berkuasa tak bisa dipisahkan dengan hal-hal yang berbau klenik atau mistis. Presiden kedua Indonesia ini sebelum dijatuhkan pada 1998 dikenal sebagai sosok yang sering menjalani laku prihatin dan menyimpan banyak benda pusaka, sebagai prewangan (pegangan).

Soeharto adalah pria keturunan Jawa. Presiden yang berkuasa selama32 tahun itu, berusaha menjadikan budaya leluhur sebagai pedoman hidupnya. Tak heran jika, ia mengoleksi banyak sekali pusaka, bahkan hingga mencapai 2.000 pusaka yang “menemani” Pak Harto semasa masih hidup.

Salah satu pusakanya antara lain keris Keluk Kemukus, yang konon membuat pemiliknya bisa menghilang. Soeharto juga memboyong Topeng Gajah Mada dari Bali ke Istana Negara Jakarta pada 1965. Topeng Gajah Mada sangat dikeramatkan karena dianggap sakral.

Melansir ANTARA, Topeng Gajah Mada yang dipuja di Puri Ageng Blahbatuh, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali sampai saat ini masih diyakini masyarakat mampu memecahkan setiap persoalan yang ada di bumi ini. "Banyak masyarakat baik dari Bali, luar Bali bahkan luar negeri memohon berkah keajaiban topeng Gajah Mada," kata Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh, Anak Agung Kakarsana.

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini