get app
inews
Aa Read Next : Open House 2 Hari, Rumah Dinas Bupati Dico Dibanjiri Warga

Peletakan 3 Batu Suci Tandai Dimulainya Rehab Masjid Agung Kendal Senilai Rp35 Miliar

Minggu, 25 Desember 2022 | 10:33 WIB
header img
Bupati Kendal Dico M Ganinduto meletakkan 3 batu suci sebagai pondasi utama Masjid Agung Kendal.(iNews/Agus)

KENDAL, iNewsSemarang.id - Masjid Agung Kendal yang berada di tengah Kota Kendal akan segera direvitalisasi. Proses revitalisasi ini ditandai dengan diletakkannya 3 batu suci Waliyullah dari Goa Kukulan oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto, pada Sabtu (24/12/2022) malam.

Tiga buah batu suci sebesar kepala bayi digunakan sebagai pondasi utama pada proses revitalisasi atau rehab masjid kebanggaan warga Kendal ini. 

Cerita panjang mewarnai proses untuk mendapatkan tiga batu suci tersebut. Takmir Masjid Agung Kendal, KH Asroi Tohir menuturkan, sebelum pengurus Masjid Agung Kendal memulai proses rehab, para pengurus masjid terlebih dahulu sowan ke seorang kiai sepuh di Giri Kusomo Mranggen, Kabupaten Demak, ke kediaman KH Munif Zuhri.

Setelah mengutarakan maksud dan tujuannya untuk merehab masjid, para pengurus diberi tugas untuk berziarah ke makam Sunan Abinowo di Pekuncen Pegandon.

"Kami dari pengurus lantas berziarah ke Pekuncen. Di sana kami mendapatkan isyaroh (isyarat) untuk mengambil batu suci di Gua Kukulan di Desa Sojomerto Gemuh," terang Kiai Asroi.

Proses yang cukup panjang dilalui para pengurus masjid yang rata-rata sudah berumur lanjut dalam mengambil batu suci di Gua Kukulan. Mereka harus melewati jalan setapak di tengah hutan belantara. 

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut