get app
inews
Aa Read Next : Viral Kawasan Dieng Wonosobo Macet Total Dibanjiri Wisatawan, Netizen: Ora Mlaku Blas

PT Pelni Kirim Kapal Jemput Ratusan Wisatawan yang Terjebak di Pulau Karimunjawa

Senin, 26 Desember 2022 | 20:02 WIB
header img
Ilustrasi gelombang tinggi di Laut Jawa .(Foto:Dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - PT Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) telah mengirim kapal untuk evakuasi wisatawan yang terjebak di Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara akibat cuaca buruk. Kapal milik Pelni, KM Kelimutu, dijadwalkan akan tiba pada Selasa (27/12/2022) pukul 17.00 WIB.

Kedatangan kapal empat hari lebih cepat dari jadwal semula. KM Kelimutu yang akan diberangkatkan dari Sampit, Kalimantan Tengah awalnya akan menuju Semarang dan dijadwalkan tiba di Karimunjawa Sabtu (31/12/2022).

"Namun sesuai permintaan Bupati Jepara, Kementerian Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perhubungan Laut telah menugaskan PT PELNI untuk mempercepat kedatangan kapal PELNI ke Karimunjawa. Kami telah menerbitkan jadwal KM Kelimutu yang baru, dan kapal akan tiba lebih cepat dari jadwal semula," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Opik Taupik, Senin (26/12/2022).

KM Kelimutu merupakan kapal penumpang berkapasitas 1.000 pax. Rute regular kapal yaitu Surabaya-Sampit-Semarang-Kumai-Semarang-Karimunjawa (PP).

"Data sementara yang kami dapatkan, jumlah penumpang yang naik dari Karimunjawa sebanyak 329 orang," ucapnya.

Sesuai standar keselamatan internasional, seluruh kapal Pelni telah dilengkapi dengan sejumlah alat keselamatan. Khusus untuk KM Kelimutu, kapal buatan galangan kapal Jos L Meyer, Papenburg, Jerman ini memiliki delapan sekoci dengan total kapasitas 756 orang.

Kemudian memiliki 34 rakit penyelamat dengan total kapasitas 850 orang dan 1.852 jaket penyelamat dewasa dan 106 jaket penyelamat ukuran anak.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut