get app
inews
Aa Read Next : Pengecoran Jalan di Karangtengah Belum Kelar, Arus Lalu Lintas Jalur Pantura Demak Tersendat

Banjir Rendam Permukiman Warga Demak, 7 KK Dievakuasi Tim Gabungan

Kamis, 29 Desember 2022 | 13:22 WIB
header img
Banjir rendam Desa Perampelan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Rabu (28/12/2022) malam. Foto: Ist.

DEMAK, iNewsSemarang.id - Bencana hidrometeorologi berupa banjir merendam permukiman warga Desa Perampelan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Banjir tersebut merupakan imbas dari guyuran hujan deras sehingga air sungai meluap. 

Kondisi ini membuat sejumlah warga yang rumahnya terendam banjir khawatir. Mereka memilih mengungsi ke rumah saudara. Proses evakuasi warga dibantu petugas TNI, Polri dan BPBD Kabupaten Demak.

Bhabinkamtibmas Desa Prampelan, Bripka Rahayu Widodo mengatakan, air yang merendam permukiman di Desa Perampelan berasal dari luapan Sungai Pucang Gading (Seruni). Ada beberapa rumah yang terendam air dengan ketinggian 20-50 sentimeter. 

"Sebanyak tujuh keluarga yang rumahnya terdampak parah, kemudian dievakuasi oleh tim gabungan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Kami bantu evakuasi," kata Widodo, Kamis (29/12/2022).

Guna mencegah terjadinya banjir, Widodo menyarankan perangkat Desa Perampelan meminta bantuan Pemkab Demak. Untuk sementara, Widodo mengusulkan pembuatan talud secara swadaya dengan menggunakan karung yang diisi pasir. Hal itu sebagai upaya pencegahan agar air sungai tidak meluap ke permukiman. 

"Saya mengimbau kepada warga agar tidak panik dalam menghadapi situasi banjir seperti ini. Tetap tenang amankan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi atau aman dari banjir," ujarnya.

Kapolsek Sayung Iptu Suprapto memerintahkan seluruh Bhabinkamtibmas tetap memonitor situasi di desa binaannya masing-masing mengingat saat ini cuaca sedang buruk dan rawan terjadinya bencana alam.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut