get app
inews
Aa Read Next : Peringatan HUT Dekranas dan HKG PKK di Solo, Kota Semarang Raih Juara Siaga Kebakaran Lingkungan

Hujan Jelang Malam Pergantian Tahun, Baca Doa Ini Agar Meraih Keberkahan

Sabtu, 31 Desember 2022 | 09:20 WIB
header img
Ilustrasi doa saat turun hujan. (Foto: Ilustrasi/Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Hujan terus mengguyur sejumlah daerah menjelang malam pergantian tahun baru 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga memprakirakan cuaca Kota Semarang hari ini, Sabtu (31/12/2022) akan turun hujan sepanjang hari. Intensitas hujan bervariasi mulai dari hujan ringan hingga hujan sedang.

Waktu turun hujan merupakan salah satu momen yang diyakini mustajab akan dikabulkannya doa bagi umat muslim. Apalagi menjelang pergantian tahun, biasanya banyak yang akan menuliskan resolusi dan memanjatkan doa-doa harapan kepada Tuhan. 

Ada doa-doa yang bisa dipanjatkan kaum Muslimin ketika turun hujan. Doa-doa ini memiliki keutamaan yang luar biasa dan mendatangkan keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Adapun doa ketika turun hujan yang bisa diamalkan kaum Muslimin adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari laman Rumaysho:

Doa Turun Hujan

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

Allahumma shoyyiban naafi’aa.

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat." (HR Bukhari nomor 1032, Ahmad: 24190, dan An-Nasa'i: 1523).

Doa ketika Ada Petir

Dalam riwayat dari Abdullah bin Az-Zubair saat mendengar petir, ketika ada petir menghentikan pembicaraan, kemudian mengucapkan:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzi yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: "Maha Suci Allah yang halilintar bertasbih dengan memuji-Nya, begitu juga para malaikat, karena takut kepada-Nya." (Al Muwaththa’ 2/992. Syekh Al Albani berkata hadis ini mauquf yang sahih sanadnya. Sumber: Kitab Hisnul Muslim Said bin Ali Al Qathanis).

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut