get app
inews
Aa Read Next : Menag Beri Klarifikasi Terkait Wacana KUA Jadi Tempat Nikah Semua Agama

Kenang Paus Benediktus XVI, Menag Yakut: Penjembatan Perbedaan dan Cinta Damai

Minggu, 01 Januari 2023 | 12:20 WIB
header img
Pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia ke-265, Paus Benediktus XVI. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas turut berduka cita atas meninggalnya mantan pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Benediktus XVI. Dia mengenang Paus Benediktus sebagai sosok yang rendah hati dan cinta damai.

"Saya sampaikan duka mendalam atas wafatnya Paus Benediktus. Saya banyak mendengar keteladanan beliau sebagai sosok yang rendah hati," ujar Menag dalam keterangannya, Minggu (1/1/2023).

Kerendahan hati itu katanya ditunjukan dengan kesediaan Paus Benediktus meminta maaf. Selain itu, Paus Benediktus juga dikenal sebagai sosok yang mau menjembatani perbedaan dan cinta damai.

Misalnya saat Paus Benediktus berkunjung ke Masjid Biru di Istambul, Turki pada 2006. Saat itu sang Paus menunjukkan komitmennya menjembatani perbedaan, dengan bergabung bersama imam Muslim dalam doa hening.

"Apa yang dilakukan itu cermin sosok yang mau menjembatani perbedaan dan cinta damai," ujar Menag.

Sebelumnya diberitakan, mantan pemimpin tertinggi Gereja Katolik, Paus Benediktus XVI, tutup usia pada Sabtu (31/12/2022). Dia meninggal di usia 95 tahun.

Kematian Benediktus, yang memegang Tahta Apostolik dari April 2005 hingga Februari 2013, diungkapkan pejabat pers Takhta Suci Vatikan, Matteo Bruni.

“Dengan kesedihan saya menginformasikan kepada Anda bahwa Paus Emeritus, Benediktus XVI, meninggal dunia hari ini pukul 09.34 (15.34 WIB) di Biara Mater Ecclesiae di Vatikan,” kata Bruni, seperti dikutip kantor berita Sputnik.

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut