Logo Network
Network

Diresmikan Ganjar, Jateng Jadi Provinsi Pertama di RI yang Punya Pusat Data Center

Eka Setiawan
.
Selasa, 03 Januari 2023 | 16:11 WIB
Diresmikan Ganjar, Jateng Jadi Provinsi Pertama di RI yang Punya Pusat Data Center
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meresmikan Pusat Data Center di Kota Semarang, Selasa (3/1/2023). (Foto: Dok Pemprov Jateng)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meresmikan Pusat Data Center di Semarang pada hari ini, Rabu (3/1/2023). Ini merupakan pusat data Center Pemerintahan Provinsi (Pemprov) pertama di Indonesia yang masuk di daftar Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). 

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Jateng itu menegaskan agar Pusat Data Center ini bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Pusat Data Center ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh sektor, sub sektor, OPD kabupaten/kota,” kata Ganjar. 

Menurutnya, langkah ini adalah ikhtiar untuk membangun digitalisasi.  

“Tentu tidak cukup dengan statemen tapi perlu menyiapkan infrastruktur. Dan, data center ini kita perlukan untuk menghimpun seluruh data yang ada, storagenya ada di sini," lanjutnya.   

Dia berharap banyak inovasi-inovasi yang dilakukan bisa masuk di data center tersebut. Ganjar mencontohkan, sektor pertanian misalnya, dinas terkait dapat mengambil seluruh data. Mulai dari cuaca, area, jenis tanaman, wilayah, waktu tanam dan panen. Sehingga dengan demikian bisa disiapkan dengan artificial intelligence dan storagenya yang ada di sini.

"Kalau seluruh OPD bisa memanfaatkan ini, tentu seluruh keputusan itu jauh lebih presisi dibandingkan pakai ilmu kira-kira. Data center ini kita harapkan jadi proses digitalisasi yang jauh lebih cepat,” lanjutnya.

Pembangunan Pusat Data Center itu juga sebagai upaya mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik.

"Kita juga diminta untuk mendukung SPBE (sistem pemerintahan berbasis elektronik), dan sekarang mulai kita rapikan. Kalau dulu storagenya kurang, tempatnya terpisah, sekarang dipusatkan di sini dan kita didampingi BSSN," imbuhnya.

Ganjar berharap, upaya yang digawangi Dinas Kominfo Jawa Tengah tersebut dapat menjadi lompatan menuju sistem yang lebih canggih dan modern.

"Kita harapkan ini bisa dipakai untuk melakukan lompatan. Sudah dibuatkan, diberikan anggaran, maka harus ada value dari sini sehingga outputnya gedung, outcomenya adalah keputusan untuk masyarakat dan lebih cepat," tuturnya.

Sementara itu, Kepala BSSN, Hinsa Siburian mengapresiasi langkah Gubernur Ganjar dalam mendirikan Pusat Data Center.

"Kita tentunya berterima kasih kepada Pak Gubernur dan Pemprov Jawa Tengah, kita sekarang sedang membangun pusat data nasional, nantinya akan lihat dan kita asistensi supaya bisa terhubung dengan pusat data nasional," katanya.

Diterangkannya, Pusat Data Center Jawa Tengah adalah yang pertama dan resmi dilaunching oleh BSSN. Ia mengapresiasi apa yang dilakukan Pemprov Jateng yang menurutnya luar biasa. 

"Kalau kita masih menunggu pusat data nasional di tahun 2024 itu cukup lama. Sementara ini yang kita launching secara resmi baru untuk Jawa Tengah, nanti kita lihat di tempat lain," tandasnya. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.