get app
inews
Aa Read Next : Aurel Hermansyah Dilarikan ke Rumah Sakit jelang Berangkat Haji, Sakit Apa?

Mau Diet Sehat, Konsumi 5 Buah Ini Bisa Kurangi Nafsu Makan

Rabu, 11 Januari 2023 | 12:01 WIB
header img
Buah-buahan yang dapat turunkan berat badan (Foto: Healthline)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Bagi Kamu yang ingin diet sehat, ada beragam buah yang bisa membantumu menurunkan berat badan. Buah yang memilik kalori rendah dan kaya serat bisa membantu diet kamu lo.

Hal ini dikarenakan beberapa buah berkhasiat mampu tingkatkan rasa kenyang dan kurangi nafsu makan ataupun rasa lapar. Contoh buah tersebut, seperti apel, beri, dan melon.

Selain sebagai camilan siap santap, kandungan buah yang kaya akan vitamin, serat, dan nutrisi lain bisa mendukung pola makan sehat. Namun, jika ingin diet, kami sarankan konsumsi 5 buah terbaik yang mampu membantu turunkan berat badanmu.

Penasaran ingin tahu buah apa saja yang dapat dikonsumsi untuk membantu menurut berat badan? Berikut ulasannya dilansir dari Healthline (7/1/2023).

1. Jeruk Bali

Nilai Harian (DV) untuk vitamin C tersedia dalam kandungan setengah jeruk bali, atau 123 gram (g). Namun, di dalamnya hanya mengandung 37 kalori.

Perlu Kamu ketahui pula, buah ini memiliki kandungan indeks glikemik (GI) yang rendah. Artinya, grapefruit mampu melepaskan gula ke aliran darah lebih lambat. Diet GI rendah membantu turunkan dan pelihara berat badan, walaupun buktinya terbatas.

Tidak hanya itu, menurut ulasan terbaru, jeruk bali juga berkhasiat kurangi lemak tubuh, lingkar pinggang, dan tekanan darah. Bahkan, kandungan naringenin yang tinggi pada buah ini bisa melindungi dari diabetes dan penyakit jantung. Naringenin yaitu sejenis flavonoid dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

2. Apel

Buah yang satu ini memiliki kadar kalori rendah, namun tinggi serat, yakni 116 kalori dan 5,4 g serat per buah besar (223 g). Berdasarkan hasil penelitian, untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan, apel lebih baik dimakan utuh daripada dijus.

Sementara dua penelitian sebelumnya mengatakan, minum jus apel lebih membantu mengurangi lemak tubuh daripada minuman lain yang jumlah kalorinya sama. Peningkatan kadar kolesterol HDL (baik) dan penurunan peradangan dikaitkan pula pada ekstrak polifenol apel sebagai salah satu senyawa alami.

3. Berry

Buah berry merupakan salah satu buah dengan kalori rendah. Buah ini sudah terbukti bisa membuat kenyang seseorang. Pada secangkir (123 g) raspberry menyediakan 36 persen DV untuk vitamin C dan mangan, mengandung 64 kalori, dan 12 persen vitamin K.

Selain itu, buah berry juga bisa membantu kamu menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan peradangan. Hal ini sangat berguna bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

4. Kiwi

Manfaat buah kiwi terbilang signifikan. Bisa kamu lihat dari kandungannya yang padat nutrisi dan memiliki vitamin C, vitamin K, folat, serta serat yang sangat baik.

Sebuah penelitian telah membeberkan manfaar buah ini. Disebutkan, sebanyak 41 orang prediabetes yang makan dua kiwi per hari selama 12 minggu mengalami penurunan tekanan darah.

Selain itu juga mendapatkan kadar vitamin C yang lebih tinggi dan pengurangan lingkar pinggang 3,1 sentimeter. 

Dalam studi tambahan, selain bantu menurunkan berat badan, kiwi juga mimiliki segudang manfaat lain. Di antaranya yaitu membantu mengontrol gula darah, mengatasi kolesterol, dan membuat usus sehat. 

5. Pisang

Kandungan gula dan kalorinya buah pisang yang tinggi, cenderung dihindari oleh beberapa orang. Namun tahukah Kamu, jika pisang juga memiliki nutrisi yang tinggi. Buah yang kali ini memiliki kandungan berupa kalium, magnesium, mangan, serat, antioksidan, dan vitamin B6 serta C.

Adanya GI rendah dan sedang pada pisang bisa membantumu mengontrol kadar gula darah dan mengatur berat badan. Hal tersebut tentu akan membantu bagi penderita diabetes. Bahkan menurut studi pada 2014, konsumsi pisang tiap hari bagi orang berkolesterol tinggi, bisa membantu mengurangi gula darah dan kolesterolnya. Namun perlu diimbangi pula dengan pola hidup sehat dan aktivitas fisik lainnya secara beriringan. Sehingga hasil yang diinginkan dapat tercapai. (Mg/ Fathur)

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut