get app
inews
Aa Read Next : Ini Daftar 40 Layanan KUA untuk Seluruh Umat Beragama

Program Persiapan Studi Ikhtiar Meraih Beasiswa

Jum'at, 13 Januari 2023 | 09:49 WIB
header img
Ruchman Basori, Kasubdit Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS), Ditjen Pendidikan Islam dan Ketua PMU Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag RI. Foto ist.

Opini oleh Ruchman BasoriKasubdit Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS), Ditjen Pendidikan Islam dan Ketua PMU Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag RI

Bisa melanjutkan studi pada jenjang pendidikan tinggi, utamanya magister dan doktor adalah impian banyak orang. Sebagian orang tidak berani bermimpi karena pelbagai keterbatasan. Namun kaum muda umumnya tertarik untuk merebut kesempatan mendapatkan beasiswa.

Saat ini ada banyak kesempatan untuk kuliah dengan mendapatkan beasiswa. Salah satunya program beasiswa yang dirancang oleh Kementerian Agama, yaitu Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang merupakan kolaborasi antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan Kemenag, sebagai metamorfosis dari pelbagai layanan beasiswa yang selama ini ada.

Agar program studi lanjut dapat berjalan dengan sukses, dengan hanya berbekal kemampuan intelektual saja tidaklah cukup. Harus melengkapi diri dengan kemampuan Bahasa asing dan kemampuan untuk mengembangkan sikap mental daya tahan dan daya juang. Karenanya program persiapan studi menjadi sangat penting.

Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dalam waktu yang hampir bersamaan akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023, menyelenggarakan kegiatan Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) sebagai bekal untuk studi lanjut S2 dan S3 ke Luar Negeri. Sementara Program Persiapan Bahasa dan Akademik (PPBA) untuk membekali calon mahasiswa yang ingin studi pada jenjang S2 dan S3 Dalam Negeri.

Animo peserta yang berminat mengikuti kedua program tersebut sangat tinggi. Tidak kurang dari 1003 orang mendaftar PPBA dari kuota 148 orang dan ratusan pendaftar mengikuti PPSL dari kota 200 orang. Hal ini menunjukan bahwa aktor-aktor pendidikan di bawah Kemenag, mempunyai semangat yang tinggi untuk studi lanjut.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut