get app
inews
Aa Read Next : Kisah Muntahir, Kakek 85 Tahun Naik Haji usai Menabung Uang Hasil Parkir Motor Sejak 2012

Program Persiapan Studi Ikhtiar Meraih Beasiswa

Jum'at, 13 Januari 2023 | 09:49 WIB
header img
Ruchman Basori, Kasubdit Ketenagaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS), Ditjen Pendidikan Islam dan Ketua PMU Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag RI. Foto ist.

Dalam hal kapasitas akademik adalah terkait dengan komitmen keilmuan dan komitmen untuk studi tepat waktu. Para awardee adalah para pencari ilmu, maka harus mencintai ilmu pengetahuan dan segala hal wasilah untuk mencapainya. Karena agama memberikan justifikasi yang kuat untuk memberikan ketinggian derajat bagi pemiliknya. (Q.S, al-Mujadalah/58:11)

Pada sisi yang lain juga masih banyak awardee yang tidak dapat menyelesaikan studi tepat waktu, dua tahun untuk S2 dan tiga tahun untuk S3, walau sudah mendapatkan perpanjangan masa studi. Lulus tepat waktu dengan terus melejitkan prestasi sebagai penerima beasiswa adalah yang diharapkan bagi pengelola beasiswa.

Selain itu adalah soal daya tahan dan daya juang menghadapi problematika kuliah dengan beasiswa. Sudah tidak menjadi rahasia lagi, dalam pelaksanaan program beasiswa tidak semulus jalan tol, terutama dalam hal pencairan anggaran.

Pemenuhan persyaratan administrasi pencairan, alur dan mekanisme pencairan, serta hal-hal teknis lainnya, cukup menyita banyak waktu dan kadang melelahkan. Semua pihak baik awardee maupun pengelola beasiswa kerap menghadapi masa-masa tertekan akibat keterlambatan pencairan. Apalagi mencairkan anggaran yang dananya ada di pihak mitra bukan ada di Kementerian/Lembaga sendiri.

Menghadapi masalah itu, membutuhkan daya tahan dan daya juang yang kuat. Para awardee harus mempersiapkan diri dengan baik. Berkomunikasi dengan keluarga tak kalah penting, akan rencana studi dan mengantisipasi problematika penerima beasiswa seperti tersebut di atas.

Muncul fenomena, orang-orang yang tadinya adalah orang yang bermental tegar, kuat dan berjibaku menghadapi problema kehidupan, namun setelah mendapatkan beasiswa mengalami penurunan sikap mental. Terlihat kurang tegar, menghadapi suasana baru dan hal ini sering merepotkan banyak pihak.

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut