get app
inews
Aa Read Next : Di Goa Kiskendo, 30 Personel SAR Kansar Semarang Ikuti Bimtek Pertolongan di Ketinggian

Hadapi Tantangan Abad ke-21 Kamu Wajib Miliki Keterampilan Ini

Sabtu, 14 Januari 2023 | 07:58 WIB
header img
Ada tiga keterampilan dasar yang harus dimiliki di abad ke-21. Yaitu literasi dasar, kompetensi, dan kualitas karakter. Foto/Ilustrasi/Freepik.

2. Literasi Dasar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, literasi diartikan sebagai kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Keterampilan ini yang nantinya dibutuhkan siswa untuk membangun kompetensi dan karakter yang lebih maju.

Ada enam bentuk literasi yang perlu dipahami, yaitu literasi numerasi, literasi teknologi informasi komunikasi (TIK), literasi baca-tulis, literasi keuangan, literasi saintifik, dan juga literasi budaya dan kewarganegaraan.

3. Kualitas Karakter

Selain kedua keterampilan diatas, untuk menghadapi abad ke-21 juga diperlukan karakter yang kuat. Hal ini yang akan menggambarkan bagaimana siswa bisa mendekati lingkungan yang semakin berubah.

Karakter ini dibagi kedalam enam keterampilan yang memuat keterampilan kesadaran sosial dan budaya, keterampilan beradaptasi, keterampilan rasa ingin tahu, keterampilan kepemimpinan, keterampilan ketekunan, serta keterampilan inisiatif.

Begitulah sederet penjelasan terkait keterampilan yang perlu diasah untuk menghadapi abad ke-21.(Mg/Fitri Arifah)

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut