get app
inews
Aa Read Next : PPIH Embarkasi Solo Resmi Dilantik, Siap Layani 35.000 Calon Haji Asal Jateng dan DIY

Jalawastu, Kampung Unik di Brebes yang Dianggap Tanah Paling Suci, Ini 5 Fakta Menariknya

Selasa, 17 Januari 2023 | 10:33 WIB
header img
Mengenal kampung unik di Brebes yang dianggap tanah paling suci (Foto: YouTube Zein Travelling Channel)

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Indonesia merupakan negara yang memiliki puluhan ribu desa atau kampung di seluruh penjuru wilayahnya lengkap dengan keunikan dan kental akan kebudayaaanya masing-masing. Salah satu destinasi menarik untuk dijelajahi adalah Kampung Jalawastu di Brebes yang dianggap sebagai tanah suci.

Kampung Jalawastu berada di Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes. Letaknya sangat terpencil berada di kaki Gunung Kumbang atau Gunung Sagara. Suasana sekitarnya juga indah dan asri. Hampir 145 kepala keluarga di kampung ini masih teguh menjaga tradisi leluhur. Rumah warga seluruhnya menggunakan dinding papan dan beratap seng. Tidak ada satu pun warga yang memiliki rumah dengan bahan semen, keramik, atau genteng.

Penasaran ingin tahu seperti apa kampung unik di Jalawastu ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (17/1/2023).

1. Kampung unik di Brebes

Singgah ke Kampung Jalawastu akan membuat pengunjung penasaran. Masyarakat setempat percaya Kampung Jalawastu merupakan tanah suci, karena dahulu kampung ini menjadi tempat tinggal atau tempat bertapa (bersemedi) para dewa dan para raja. Oleh karena itu, bangunan rumah yang dihuni penduduk setempat, bahasa yang digunakan, hingga upacara adat yang dilakukan, seluruhnya memiliki makna tersendiri dan masih berlaku hingga saat ini.

2. Bangunan rumah tidak boleh gunakan semen

Masyarakat di sini tidak diperbolehkan membangun rumah menggunakan atap dari genteng, tembok dari batu-bata dan semen. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menjaga kelestarian alam dan mencegah longsor. Lalu, bentuk dari bangunan rumahnya tidak diperolehkan berbentuk limas melainkan hanya berbentuk lurus.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut