get app
inews
Aa Read Next : Gelar Acara Syukuran Bersama, Indra Bekti dan Aldila Jelita Rujuk?

Tak Ingin Pecah Pembuluh Darah di Otak? Stop Begadang dan Jangan Suka Mager

Selasa, 17 Januari 2023 | 21:45 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Freepik)

SEMARANG, iNewsSemarang.id – Beberapa waktu belakangan ini, pecah pembuluh darah di otak menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, hal ini berkaitan dengan sakit yang diderita oleh Presenter kondang, Indra Bekti.

Pecah pembuluh darah atau bisa disebut stroke pendarahan adalah suatu kondisi pecahnya pembuluh darah yang mengakibatkan aliran darah merembes ke otak. Hal ini pun berujung pada terganggunya fungsi otak itu sendiri.

Menurut dr. Mursyid Bustami, Sp.S(K), KIC, MARS, dan Dirut RS Pusat Otak Nasional Prof. Mahar Mardjono (RSPON), kondisi pecahnya pembuluh darah di otak secara tiba-tiba seperti yang dialami Indra Bekti ini dipicu beberapa faktor, salah satunya bisa terlihat jelas pada pola hidup tak sehat yang dijalani sehari-hari.

"Kalau makanan tidak dikontrol bisa berisiko terjadi gangguan di pembuluh darah. Pola hidup yang tidak teratur juga menjadi pengaruh," terang dr. Mursyid dalam siaran Instagram Live Okezone, Menekan Risiko Pecah Pembuluh Darah di Otak yang Tak Kenal Usia, Selasa (17/1/2023).

"Secara tidak langsung bisa (sebabkan pecah pembuluh darah)," tambahnya.

Dokter Mursyid memperingatkan bahwasanya kebiasaan sehari-hari yang terlihat sepele, seperti hobi begadang dan kurang aktif secara fisik, bisa menjadi faktor pemicu. Kebiasaan buruk yang dilakukan oleh banyak orang, terutama generasi muda ini bisa membuat pembuluh darah tak lancar.

"Ada juga kebiasaan tak sehat dapat jadi risiko, seperti kurang tidur, kurang gerak juga memengaruhi," tuturnya. (Mg/Revina).

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut