get app
inews
Aa Read Next : Paparan Sinar Matahari Bisa Bantu Sembuhkan Jerawat, Mitos atau Fakta?

Jangan Salah! Begini Gejala Milia yang Sering Dikira Jerawat

Minggu, 22 Januari 2023 | 19:57 WIB
header img
Ilustrasi Milia. (Foto: Highend)

SEMARANG, iNewsSemarang.id Jerawat dan milia seringkali salah didiagnosis oleh banyak orang. Milia memanglah terlihat seperti jerawat yang belum matang karena bintil yang cukup mirip. Namun, terdapat perbedaan besar antara jerawat dan milia.

Milia adalah bintik-bintik putih kecil yang bisa terjadi pada bayi baru lahir hingga orang dewasa. Biasanya, milia muncul di area hidung, bawah mata, dan pipi.

Kamu tak perlu khawatir jika menemukan bintik-bintik di permukaan kulit, karena milia bukanlah penyakit berbahaya atau menular. Milia bisa hilang tanpa perawatan khusus. Ada beberapa gejala yang harus diketahui jika kamu terkena milia. 

Seperti dilansir KlikDokter, berikut lima gejala milia yang penting untuk diketahui:

1. Timbul komedo di kulit

Gejala milia yang pertama adalah muncul komedo akibat keratin yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Umumnya, komedo uni berwarna putih dan sulit untuk disentuh secara langsung. Milia bisa terjadi pada semua etnis dan usia. Namun, milia sering terjadi pada bayi yang baru lahir.

2. Muncul benjolan kecil

Gejala selanjutnya adalah muncul benjolan kecil atau bintil pada kulit. Benjolan ini biasanya berisi nodul cairan yang terjadi karena terperangkapnya sel kulit mati di bawah permukaan kulit 

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut