get app
inews
Aa Read Next : Pastikan Pemudik Tetap Aman, BMKG Siap Modifikasi Cuaca saat Libur Lebaran 2024

Penjelasan BMKG di Balik Mitos Hujan saat Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 20:35 WIB
header img
Mitos imlek hujan selalu ada menjelang perayaan tahun baru China. Foto DOK SINDOnews

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Prediksi hujan yang turun setiap kali menjelang imlek sudah menjadi mitos tersendiri, menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa, turunnya hujan saat Imlek, menandakan keberkahan atau rezeki bagi mereka.

Mitos turunnya hujan menjelang perayaan Imlek ternyata bisa dijelaskan secara logis, mengapa setiap tahunnya diwarnai dengan guyuran hujan.

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan logis dibalik mitos tersebut dengan memprediksi adanya musim hujan di awal tahun 2023.

Pada hari Minggu 22 Januari 2023, seluruh masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia akan merayakan tahun baru Imlek yang ke 2574 Kongzili. BMKG menyebut bahwa perayaan Imlek ini bertepatan dengan musim hujan.

Sebelumnya, BMKG melalui laman resminya telah memprediksi bahwa tahun 2022/2023 musim hujan akan datang jauh lebih awal dibandingkan biasanya.

Awal musim hujan yang ada di Indonesia akan jatuh pada bulan September hingga November 2022, dengan musim penghujan pada bulan Desember 2022 hingga Januari 2023, sebagaimana perkiraan BMKG.

Editor : Agus Riyadi

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut