get app
inews
Aa Read Next : Kenapa Cuaca Terasa Gerah Akhir-akhir Ini? Begini Penjelasan BMKG

Penjelasan BMKG di Balik Mitos Hujan saat Imlek

Minggu, 22 Januari 2023 | 20:35 WIB
header img
Mitos imlek hujan selalu ada menjelang perayaan tahun baru China. Foto DOK SINDOnews

Perkiraan awal musim hujan ini merupakan hasil dari analisis zona musim terupdate (ZOM9120).

Analisis dilakukan BMKG untuk menjamin dan memastikan perkiraan musim penghujan di Indonesia menjadi lebih akurat dan tepat.

BMKG menunjukkan wilayah Indonesia yang memasuki musim hujan pada bulan November 2022 mencakup Sumatera, Jawa, Bali, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Papua, berdasarkan hasil analisa 128 ZOM (18,31%).

Sedangkan ZOM lainnya, diprediksi pada awal musim hujan yang tersebar pada bulan Juli hingga Agustus 2022, Desember 2022, serta Januari hingga bulan Mei tahun 2023.

Tidak meratanya curah hujan yang disebabkan faktor spasial lokal, BMKG menghimbau agar seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu waspada.

Potensi hujan akan terus berubah mengikuti perkembangan dinamika atmosfer yang selalu berubah setiap saat. Pastikan selalu membawa payung atau jas hujan, terutama masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan.

Saat mendengar mitos turunnya hujan Imlek, BMKG menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, karena segala bentuk antisipasi untuk menahan curah hujan yang tinggi, telah disiapkan oleh BMKG dan Pemerintah. (MG/Shinta)

Editor : Agus Riyadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut