get app
inews
Aa Read Next : PN Jaksel Putuskan Gugatan Praperadilan Penyitaan HP Aiman Wicaksono Sore Ini

HP Bukan Pemicu Seseorang Tersambar Petir, Simak Penjelasannya!

Minggu, 29 Januari 2023 | 09:43 WIB
header img
ilustrasi petir Foto: www.suara.com

Semarang, iNewsSemarang.id- Sebagian masyarakat masih menganggap jika bermain HP saat hujan beresiko tersambar petir. Namun realitanya, kebenaran asumsi tersebut masih kerap dipertanyakan.

Spesialis keamanan petir yang bekerja di National Weather Service, John Jensenius meluruskan anggapan itu. Ia menilai tidak ada korelasi antara bermain HP dengan sambaran petir. Resiko hanya terjadi jika seseorang menggunakan telepon rumah yang memiliki saluran kabel saat badai tiba.

John memberi jawaban yang rasional, aliran listrik dari petir bisa merambat melalui saluran kabel telepon rumah. Alhasil, rambatan tersebut bisa melukai seseorang yang tengah memakai telepon. Sebaliknya, resiko tersambar petir pada pengguna HP cenderung lebih rendah.

Perlu diwaspadai, penggunaan HP bisa berbahaya jika kondisi HP tersambung dengan stop kontak misalnya saat mengisi daya. Karena stop kontak terhubung langsung oleh instalasi kabel.

“Hal pertama yang harus dipahami orang adalah tidak ada yang benar-benar menarik petir, tetapi petir mengikuti kabel dan pagar dan hal-hal semacam itu. Kuncinya adalah posisikan diri kita di tempat yang aman,” ucap John.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut