get app
inews
Aa Read Next : Salahgunakan Data Nasabah untuk Transaksi Perbankan, 4 Warga Semarang ini Diringkus Polisi

Tips Agar Rekeningmu Tidak Dibobol Maling, Ikuti Langkah Berikut

Jum'at, 27 Januari 2023 | 23:48 WIB
header img
Saat ini modus kejahatan perbankan senantiasa mengintai dengan memanfaatkan kelengahan konsumen dalam menjaga data pribadi. Ikuti tips ini agar, rekening aman dari pembobolan . Foto : Istimewa

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Kelengahan konsumen dalam menjaga data pribadinya dapat menjadi alasan terjadinya kejahatan perbankan. Oleh karena itu, nasabah hendaknya menjaga keamanan rekeningnya masing-masing agar terhindar dari pembobolan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan tips menjaga keamanan rekening melalui postingan akun media resminya. Diantaranya sebagai berikut:

- Jaga data pribadi Anda. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama Ibu Kandung ke siapa pun, termasuk pihak Bank. Ubah password secara berkala.

- Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Jadi, setiap transaksi di rekening baik dana masuk atau keluar, maka Bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

- Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan Wifi Publik atau Free Wifi untuk melakukan transaksi perbankan.

- Cek histori rekening atau saldo secara berkala melalui aplikasi mobile banking atau internet banking Bank tersebut.

- Berhati-hati saat menggunakan ATM. Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon Bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming.

- Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selular Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

Anda juga harus berhati-hati dengan orang yang ada di sekitar ATM ataupun yang menawarkan bantuan sehingga mengetahui password atau melakukan kloning kartu anda. Selain itu, jika anda mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke Bank.

(Mg/Fitri Arifah)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut