get app
inews
Aa Read Next : Kisah Muntahir, Kakek 85 Tahun Naik Haji usai Menabung Uang Hasil Parkir Motor Sejak 2012

Pembinaan Kepribadian, Lapas Terbuka Kendal Ajarkan Napi Baca Alquran

Sabtu, 28 Januari 2023 | 19:05 WIB
header img
Lapas Terbuka Kendal Ajarkan Napi Baca Alquran. Foto: Dok. Kanwil Kemenkumham Jateng

KENDAL, iNewsSemarang.id - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Terbuka Kelas IIB Kendal menggandeng Penyuluh Agama Islam dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kendal mengajarkan warga binaan pemasyarakatan (WBP) setempat mengaji

Kegiatan ini sebagai bentuk pembinaan kepribadian untuk meningkatkan ketakwaan sekaligus memperbaiki akhlak agar kelak WBP alias narapidana itu tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum. Kegiatan itu dilakukan di Masjid Al Hadi, Kawasan Pembinaan Lapas Produktif Kendal, Jumat (27/1/2023).  

Salah satu penyuluh, Nur Kholiq, mengemukakan pembinaan kepribadian diisi dengan materi yang berbeda tiap pekannya. Pada pekan ini diajarkan tentang dasar-dasar membaca Alquran, di antaranya; pengenalan huruf Hijaiyah, harakat, hingga cara menyambung huruf dalam satu kalimat. 

“Masih terhitung awal tahun, jadi mengulang kembali materi tentang membaca Alquran. Hal ini dilakukan sebagai penyegaran ingatan warga binaan terkait ilmu dasar membaca Alquran,” ucap Nur Kholiq.

Hadir mendampingi kegiatan pembinaan kepribadian, Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Dicky Yudha. Dia menyebut Lapas Terbuka Kendal telah menerima tambahan beberapa WBP yang membutuhkan ilmu dasar dalam membaca Alquran.

“Materi dan momennya pas, karena Lapas Terbuka Kendal telah kedatangan santri baru dari Lapas Pati, sehingga penyampaian ilmu dasar dalam membaca Alquran tentunya sangat bermanfaat bagi warga binaan baru,” ujar Dicky.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut