get app
inews
Aa Read Next : Ingin Jadi Psikiater? Ini Jurusan Kuliah yang Bisa Diambil

5 Temuan Ibnu Sina Paling Fenomenal, hingga Dijuluki Bapak Kedokteran Modern

Rabu, 01 Februari 2023 | 15:23 WIB
header img
Filsuf, ilmuan, dan dokter muslim asal Persia yang terkenal atas kontribusi temuannya adalah Ibnu Sina. Dunia barat memangilnya Avicenna. Foto: DOK Istimewa

3. Distilasi Uap Minyak Atsiri

Masyarakat zaman dulu, seperti bangsa Mesir, Yunani, China dan India telah menggunakan minyak essensial saat melaksanakan ritual dan penyembahan.  Menurut situs Ifaroma, Ibnu Sina sudah menulis beragam buku yang menguraikan efek tumbuhan pada tubuh. Beliau dianggap telah menyempurnakan metode distilasi melalui koil berpendingin atas karya tulisannya. Contoh implementasi metode distilasi ini adalah produksi minyak essensial, Rosa Centifolia. Tak heran jika beliau dijuluki sebagai pelopor penggunaan aromaterapi.

4. Metode Karantina

Pada tahun 2020, umat manusia seluruh dunia diserang virus menular Covid-19, sehingga pemerintah mewajibkan warganya untuk karantina. Namun, siapa sangka, tokoh penemu metode karantina pertama kali adalah Ibnu Sina. Melansir situs Morocco World News, metode ini dianjurkan oleh beliau untuk mengendalikan penyebaran wabah, sebagaimana yang ditulis dalam ensiklopedia medisnya “The Canon of Medicine” yang terdiri atas 5 jilid  dan terbit pada tahun 1025.

5. Buku Al-Qanun fit-Tibb

Ibnu Sina mendedikasikan seluruh hidupya untuk menulis berbagai buku dengan pembahasan yang beragam. Mengutip dari laman Muslim Heritage, karya buku beliau paling fenomenal dan terpenting adalah Al-Qanun fit-Tibb, atau dunia barat menyebutnya Code of Laws in Medicine, karya ini jadi buku medis terkemuka dan dijadikan referensi sebab isinya yang penuh manfaat.Atas hal ini ia dijuluki “Bapak Kedokteran Modern”

(Mg/Shinta)

 

 

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut