get app
inews
Aa Read Next : Viral Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Bergaya Hidup Mewah, Statusnya Bisa Dicabut?

Kemendikbudristek Sebut Seluruh PTN Sudah Bentuk Satgas PPKS

Jum'at, 03 Februari 2023 | 19:34 WIB
header img
Kemendikbudristek : 100 Persen PTN Telah Bentuk Satgas PPKS

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Data laporan Komisi Nasional (Komnas) Perempuan mencatat, sepanjang tahun 2015-2021, tercatat ada 67 kasus kekerasan seksual di lingkungan pendidikan dan 35 kasusnya terjadi di lingkungan perguruan tinggi. 

Menanggapi hal itu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan seluruh PTN dan beberapa PTS telah membentuk satgas pencegahan dan penanganan kekerasan seksual (PPKS) di lingkungan Pendidikan. 

“Alhamdulillah, saat ini sudah 100 persen PTN membentuk Satgas PPKS. Selain itu, sebanyak 109 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga sedang berproses membentuk satuan tugas dan sebanyak 20 PTS telah membentuk Satgas PPKS di kampus mereka,” ujarnya dikutip iNews.id dari keterangan yang diterima Jumat (3/2/2023).

Kepala Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kemendikbudristek, Rusprita Putri Utami mengatakan pembentukan satgas PPKS merupakan upaya untuk mengatasi tingginya tindak pidana kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi, juga sebagai tindak lanjut dari Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Dalam Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi menjelaskan aturan keanggotaan satgas PPKS. Menurut aturan tersebut, keanggotaan Satgas PPKS terdiri atas unsur pendidik, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. 

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut