get app
inews
Aa Read Next : Fadkhera Tampilkan Koleksi Busana Muslim Harian dan Koko Kekinian Terbaru di FSBF Jogja

Deretan Istilah Khusus dalam Dunia Fashion, Ada Casual dan Outfit

Selasa, 07 Februari 2023 | 22:18 WIB
header img
Berbagai istilah khusus dakam dunia fashion

JAKARTA, iNewsSemarang.id – Saat ini, banyak istilah khusus yang digunakan pada dunia fashion. Istilah-istilah tersebut digunakan oleh mereka yang tertarik dengan dunia fashion.

Merangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/2/2023) berikut istilah fashion yang wajib kamu tahu.


1. Oversized
Istilah oversized memiliki arti kebesaran atau pakaiannya melebihi dari ukuran tubuh pemakai.


2. Fashionista
Istilah ini sering digunakan untuk menyebut siapa saja yang berkecimpung di dunia fashion. Fashionista mencakup desainer, model, fotografer, jurnalis fashion atau siapa pun yang bekerja di industri fashion. 


3. Avant-garde
Istilah fashion ini identik dengan busananya yang anti mainstream, aneh, unik, dan eksperimental dalam desain serta teknik pengerjaannya sebagai bentuk pembangkangan terhadap norma dan batasan budaya. 


4. Layering
Dalam dunia fashion, layering artinya menumpuk busana. Istilah menumpuk berarti memadukan beberapa item sekaligus untuk menciptakan gaya yang lebih stylish.


5. Outer
Outer memiliki arti yaitu busana bagian luar yang biasa dipakai sebagai pelengkap dalam penampilan. Istilah ini biasanya dipakai untuk menyebutkan pakaian luaran seperti jaket, rompi, cardigan, blazer, mantel, dan lainnya.


6. Outfit
Istilah outfit biasa digunakan oleh orang untuk penyebutan pada keseluruhan pakaian yang sedang digunakan saat itu. 


7. Monochrome
Gaya monokrom identik dengan dua warna, yaitu hitam dan putih. Seiring perkembangan dunia fashion, gaya ini menambah satu warna lagi yakni memadukan antara hitam, putih, dan abu-abu.

8. Fatal Faux Pas
Fatal Faux Pas artinya melenceng dalam bahasa Perancis. Dengan gaya ini, berarti seseorang berpenampilan tidak sesuai dengan dress code atau tren yang sedang ada saat itu. 


9. Haute Couture
Istilah fashion satu ini berasal dari bahasa Perancis, yaitu haute yang berarti tinggi atau elegan, serta couture yang artinya menjahit. Haute couture digunakan untuk menggambarkan proses perancangan, pembuatan dan penjualan yang dibuat khusus pakaian wanita yang memiliki postur tinggi.


10. Casual
Gaya fashion satu ini adalah gaya berpakaian yang biasa digunakan pada waktu santai atau aktivitas sehari-hari. Gaya casual selalu identik dengan balutan kaos, celana jeans, flat shoes atau bisa juga sepatu sneakers.

11. Classy
Gaya fashion classy mengandung makna berkelas. Memiliki gaya berpenampilan yang elegan dengan tambahan barang-barang mewah. Biasanya, gaya fashion classy kerap digunakan oleh orang-orang kelas atas.


12. Edgy
Gaya edgy yang berarti tajam. Tajam dalam hal ini berarti memiliki karakter fashion yang unik dan terlihat berani serta 'galak', dengan memadukan banyak warna hitam dan merah yang ditambah balutan aksesoris lainnya.  


13. Vintage
Istilah mode vintage merupakan gaya berpakaian yang terinspirasi mode pakaian di tahun 20-an sampai 60-an. 


14. Chic
Chic berasal dari bahasa Perancis, yaitu chique, yang berarti keterampilan dan keanggunan. Dalam dunia fashion, chic merupakan gaya pakaian yang terlihat modern tanpa harus mengikuti tren saat ini. 


15. Retro
Retro yang berasal dari kata retrospektif, berarti gaya penampilan yang dicapai dengan memodifikasi gaya saat ini melalui kombinasi atau inspirasi dari gaya lama yang sudah tidak tren lagi. 


16. Capsule Wardrobe
Pertama kali digagas oleh seorang perancang busana Susie Faux pada tahun 70-an, istilah fashion ini berarti koleksi yang terdiri dari pakaian dan aksesori dengan warna yang netral sehingga mudah untuk dipadupadankan. 

17. Pret-a-Porter
Pret-a-Porter merupakan pakaian siap pakai atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah ready to wear. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan busana pada suatu brand yang dibuat berdasarkan ukuran standar internasional, yaitu S, M, L, dan XL. 
Pakaian ini cocok digunakan sehari-hari karena lebih minimalis dan terbuat dari bahan yang nyaman dipakai. 


18. Fashion Editrix
Fashion editrix adalah fashion editor yang bekerja di sebuah majalah fashion dengan karakter yang dominan dan terkenal di kalangan fashion designer. Biasanya istilah fashion editor ditujukan untuk editor senior atau pimpinan majalah fashion.

19. Streetwear
Streetwear dikenal pula dengan gaya khas fashion jalanan, banyak dipengaruhi oleh kaum urban, hip-hop, dan budaya anak muda. Gaya ini memadukan pakaian yang terlihat lebih santai, seperti ripped jeans, kemeja, topi, dan sepatu kets.

20. Sophisticated
Istilah ini memiliki makna gaya berpakaian yang berkelas, menunjukkan status, keistimewaan dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Sophisticated memiliki tampilan yang sempurna dan selalu menarik perhatian.


21. Androgynous Style
Istilah fashion ini merujuk pada gaya busana yang tidak mementingkan gender. Dalam gaya androgini, wanita bisa mengenakan pakaian pria, begitu pula sebaliknya. Dari gaya inilah muncul konsep 'genderless fashion', yang lebih dikenal dengan istilah unisex.

Itulah berbagai macam istilah dalam dunia fashion yang perlu Anda ketahui.


(Mg/Fitri Arifah)

Editor : Maulana Salman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut