get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Ekosistem Logistik Terintegrasi, Ninja Xpress Hadirkan Laporan Suara UKM Negeri

Berawal Jualan Stiker, Miliarder Surabaya Pengusaha Online Shop Ini Miliki ribuan Karyawan

Jum'at, 21 Januari 2022 | 10:02 WIB
header img
Delta Hesti berpose dalam kabin mobil boks. (Foto: IG @deltahesti)

SURABAYA, iNews.id - Pengusaha sukses asal Surabaya, Delta Hesti Candrapratiwi sukses membangun kerajaan bisnisnya di bidang vashion garmen hingga menjadi soerang miliarder, berawal dari jualan stiker dan kini memiliki karyawan lebih dari 1.500 orang di berbagai bidang usaha.  

Melalalui brand handmadeshoesby dan delvationstore, Delta dan suaminya Tom Liwava mampu memproduksi aneka vashion seperti pakaian wanita, tas, sepatu dan lainnya hingga 8.000 buah per hari. 

Delta tidak pernah menyangka bakal sesukses saat ini. Apalagi dia juga hanya lulusan SD. Sementara kedua orang tuanya juga miskin dan kerap kekurangan. 

Saking miskinnya, sang ibu pernah merantau ke Manado untuk menjadi pembantu rumah tangga. Sedangkan sang ayah pergi ke Papua untuk menjadi buruh tambang tradisional. 

 "Ayah saya dulu pemabuk dan penjudi, sehingga utangnya banyak, ratusan juta. Setiap hari bertengkar sama ibu. Maka tahun 2010 itu mereka merantau. Ibu ke Manado sama adik dan ayah ke Papua. Saya sendirian di Surabaya," katanya di sebuah kanal Youtube.  

Bukan tanpa alasan Delta memilih tetap bertahan di Surabaya. Sebab, dia punya mimpi bisa bekerja dan sukses, lalu melunasi semua utang orang tuanya.

 "Waktu itu saya sudah berpacaran dengan suami saya. Alhamdulillah suami memotivasi 100 persen. Kebetulan kami ini satu visi," katanya. 

Berawal dari dagangan stiker sang pacar, Delta berpikir untuk ikut berbinis. "Saat itu Mas Tom (pacar) mendorong saya untuk buka online shop. Awalnya lewat FB (Facebook) dan BBM. Waktu itu jualan vlanel dan barang-barang second hand," katanya. 

 Di awal usaha itu, Delta mulai menemukan jalan. Hanya saja, sedikit lambat. Pasalnya, jenis produk yang dijual terbatas, sehingga tidak dipesan ulang. Selain itu barang sering kosong. 

"Akhirnya saya berpikir untuk jualan sepatu yang bisa dijual ecer. Alhamdulillah dari situ makin besar, yang order makin banyak, dan banyak yang jadi reseller," tuturnya.  

Editor : Moh.Miftahul Arief

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut