get app
inews
Aa Read Next : Kota Semarang Jadi Kota Terbaik Penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka se Jateng 2023

Teken MoU di Acara Dugderan, Mbak Ita dan Gibran Sepakat Jalin Kerjasama Kembangkan 2 Sektor Ini

Selasa, 21 Maret 2023 | 19:57 WIB
header img
Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ist)

SEMARANG, iNewsSemarang.id - Prosesi kirab Dugderan tahun ini digelar di halaman Balaikota Semarang, Selasa (21/3) ini lebih meriah dan istimewa dari tahun-tahun sebelumnya. Selain agenda kegiatan yang sudah digelar normal, di sela-sela acara, ada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Mbak Ita, panggilan akrab Walikota perempuan pertama di Kota Semarang tersebut mengungkapkan, dirinya bersama Gibran menandatangani kerja sama pengembangan pariwisata dan budaya antara kedua kota besar di Jawa Tengah. 

“Alhamdulillah dugderan sudah bisa dilakukan secara penuh pada tahun ini, dan tadi juga ada penandatanganan terkait pariwisata antara Pemerintah Kota Solo dan Pemerintah Kota Semarang,” tuturnya.

Mbak Ita mengatakan kegiatan kirab dugderan kali ini menjadi paket komplit setelah dilakukan penandatanganan tersebut.

“Sehingga kegiatan kali ini menjadi komplit,” imbuh mbak Ita.

Dirinya melanjutkan, kerja sama yang akan dijalankan juga mencakup penelitian dan penggalian situs-situs warisan budaya di Semarang dan Solo. “Kami juga akan bekerja sama dalam hal penelitian sejarah situs-situs warisan budaya dari Kota Semarang dan Solo,” terangnya.

Sejarah Kota Semarang, menurutnya tidak lepas dari kasunanan Surakarta dan kesultanan Mataram, sehingga nantimua akan dibuat story telling keterkaitan antara Solo dan Semarang.

Sementara itu, Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan harapannya agar ke depan sektor budaya dan pariwisata di kedua kota besar Jawa Tengah itu hidup dan saling mendukung karena terhubung dari sisi transportasi dan kebudyaaan.

Editor : Maulana Salman

Follow Berita iNews Semarang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut